Apresiasi Mahakarya, Zanariah Ingin Jadi Event Ikonik Kota Kediri

Apresiasi Mahakarya, Zanariah Ingin Jadi Event Ikonik Kota Kediri Mahakarya yang menampilkan berbagai ragam seni dan budaya di Kota Kediri. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pj Wali Kota Kediri, Zanariah, mengapresiasi Mahakarya yang menampilkan berbagai ragam seni dan budaya pada Sabtu (3/8/2024). Kegiatan itu diisi oleh pemuda-pemudi dari Kota Tahu.

"Alhamdulillah pada malam minggu yang penuh kehangatan dan kebersamaan ini. Kita dapat hadir dalam acara Mahakarya yang diselenggarakan untuk memperingati Hari Jadi ke-1145 Kota Kediri," ujarnya secara virtual.

Ia mengungkapkan, Mahakarya menyuguhkan musik akustik oleh para musisi lokal. Lalu sebagai puncak acara ada pertunjukan Romantika Dewi Sekartaji dan Panji Asmoro Bangun, di mana kisah tersebut menjadi ikonik Kediri, dan telah tersebar luas hingga kawasan Asia Tenggara.

"Di panggung Mahakarya kisah cinta legendaris ini akan ditampilkan dengan sentuhan seni tari, suara dan teatrikal yang memukau. Menggambarkan nilai perjuangan, kesetiaan, dan keindahan Budaya Kediri," tuturnya.

Pj Wali Kota Kediri juga menyampaikan ungkapan terima kasih kepada seluruh pihak dan pengisi acara yang telah memeriahkan panggung Mahakarya. Diharapkan event Mahakarya ini dapat digelar rutin tiap tahunnya. Bahkan menjadi acara ikonik Kota Kediri yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat.

"Karena acara ini tidak hanya menjadi hiburan tetapi juga sebagai sarana apresiasi dan melestarikan kekayaan budaya kita. Sekaligus memberi manfaat lebih luas pada masyarakat utamanya semakin tumbuh perekonomian para pelaku UMKM," ucapnya.

Mahakarya merupakan karya-karya di bidang seni dan budaya, termasuk di dalamnya ada sastra, musik, drama dan teater, film, seni pahat dan seni lukis. Karya-karya pemuda Kota Kediri ini dipadukan dengan seni tari tradisional dan musik-musik kontemporer. Selain itu, menampilkan unsur-unsur khas Kota Kediri. 

Dalam Mahakarya ini juga menampilkan bazar produk-produk UMKM dari Kelurahan di Kecamatan Kota, Kota Kediri. Agenda tersebut juga dihadiri sejumlah pejabat terkait yang terlibat. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO