Merasakan PTSL, Curhat Warga Gunung Salak Seumur Hidup Tak Pernah Miliki Sertifikat Tanah

Merasakan PTSL, Curhat Warga Gunung Salak Seumur Hidup Tak Pernah Miliki Sertifikat Tanah Warga Desa Cibalung, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, saat menerima sertifikat sekaligus berdialog dengan Menteri ATR/BPN, Agus Harimurti Yudhoyono.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Sertifikat tanah merupakan bukti sah atas aset yang dimiliki oleh seluruh lapisan masyarakat. Meskipun penting memiliki selembar sertifikat tanah, tak jarang masyarakat masih meragukan kemudahan pengurusannya termasuk biaya yang dibutuhkan.

Hal tersebut diakui Ida Lestari (45), warga Desa Cibalung, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, di kaki Gunung Salak saat menerima sertifikat sekaligus berdialog dengan Menteri ATR/, Agus Harimurti Yudhoyono () di rumahnya pada Selasa (6/8/2024).

Saat ini Ida Lestari menempati rumah peninggalan dari ayahnya. Bahkan sejak Ida lahir pada 1979, rumah ini belum memiliki bukti sah kepemilikannya karena terkendala biaya belum mampu membayar pajak.

"Dulu saya pernah mengurus tanah ini, tapi karena keterbatasan ekonomi saya tidak mampu untuk membayar BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan, red)," cerita Ida Lestari kepada Menteri .

Namun, kini impian Ida Lestari untuk memiliki sertifikat tanah dapat terwujud berkat kemudahan proses dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (). "Sekarang bisa terhutang, jadi saya bisa punya dulu sertifikatnya, yang penting aman dulu tanah saya," tuturnya.

Dengan diterimanya sertifikat, artinya tanah warisan dari ayahnya saat ini sudah berkepastian hukum. "Alhamdulillah, terima kasih Pak Menteri sudah diberi kemudahan. Akhirnya saya bisa punya sertifikat setelah puluhan tahun saya menanti," ucap Ida dengan penuh rasa syukur.

Ia merupakan salah seorang penerima sertifikat hasil program yang diserahkan langsung oleh Menteri secara door to door yang didampingi sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama di lingkungan Kementerian ATR/; serta Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Provinsi Jawa Barat, Yuniar Hikmat Ginanjar beserta jajaran. Turut hadir, jajaran Forkopimda Kabupaten Bogor. (afa/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO