Pastikan Pengamanan Pilkada 2024, Polres Madiun Kota Gelar Simulasi Sispamkota

Pastikan Pengamanan Pilkada 2024, Polres Madiun Kota Gelar Simulasi Sispamkota Simulasi Sispamkota yang digelar Polres Madiun Kota.

KOTA MADIUN, BANGSAONLINE.com - Dalam menghadapi pengamanan pelaksanaan , Polres Madiun Kota mulai melakukan persiapan salah satunya Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota), Kamis (8/8/2024).

Sebelum simulasi digelar, diadakan dahulu Deklarasi Pilkada Damai 2024 yang ditanda tangani oleh Bawaslu, KPU dan masing-masing ketua Parpol serta mengetahui Forkopimda Kota Madiun.

Dalam simulasi Sispamkota digambarkan prosesi tahapan dalam pilkada beserta renik yang ada. Kegiatan sistem pengamanan Kota yang dilakukan Polres Madiun Kota ini, guna memastikan kesiapan dan pemahaman personel pengamanan dalam mengantisipasi potensi gangguan Kamtibmas menjelang pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024, di wilayah Hukum Polres Madiun Kota.

Gambaran yang digelar antara lain petugas kepolisian bersama TNI dan stake holder terkait melakukan proses pengamanan gudang logistik KPU, lalu dilanjutkan tahap pengamanan tahap awal pemilihan kepala daerah, penghitungan surat suara sampai terjadi penolakan terkait hasil suara dari salah satu Paslon dan simpatisannya.

Diperagakan pula saat situasi terjadinya kerusuhan, sementara petugas Dalmas Satuan Samapta dan satuan lain dari Polres Madiun Kota di back up TNI dan Satuan Brimob Kompi C Polda Jawa Timur, mengupayakan massa yang mulai anarkis dapat dikendalikan hingga bergerak mundur, sampai pagelaran selesai dan situasi kembali kondusif.

"Untuk kesiapan dalam pengamanan setiap tahapan Pilkada serentak 2024 kita memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan keamanan dan ketertiban selama berlangsungnya proses demokrasi ini," kata Kapolres Madiun Kota, AKBP Agus Dwi Suryanto, di lokasi Simpamkota.

Kepada seluruh anggota yang terlibat dalam pengamanan diharapkan untuk tetap semangat, menjaga kebersamaan dan profesional dalam menjalankan tugas.

"Optimisme mewujudkan Kota Madiun yang aman dan kondusif, diharapkan pelaksanaan Pilkada serentak 2024 akan berlangsung sukses, sehingga dapat terpilih Pimpinan Kepala Daerah yang menjadi harapan Masyarakat Madiun," pungkasnya. (dro/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pasangan Edi Hadiyanto Daftar Bacakada Situbondo ke PPP':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO