Mahfud MD Respons Podcast BANGSAONLINE, Kakek Habib Luthfi Bukan Pendiri NU

Mahfud MD Respons Podcast BANGSAONLINE, Kakek Habib Luthfi Bukan Pendiri NU Prof Dr Mahfud MD. Foto: tribunewow.com

JAKARTA, BANGSAONLINE.com – Prof Dr Mahfud MD, mantan Menko Polhukam RI, merespon yang membahas tentang klaim Habib Luthfi bin Yahya yang menyatakan bahwa kakeknya, Habib Hasyim Bin Yahya, merupakan tokoh di balik berdirinya Nahdlatul Ulama (NU).

yang dipandu M. Mas’ud Adnan, CEO HARIAN BANGSA dan BANGSAONLINE, itu menampilkan nara sumber Prof Dr KH Imam Ghazali Said, MA, guru besar Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya. Dalam perbincangan Mas’ud Adnan dengan Prof Kiai Imam Ghazali Said itu, klaim Habib Luthfi bin Yahya diragukan kebenarannya. Bahkan Prof Kiai Imam Ghazali Said menganggap klaim itu menyesatkan.

Menurut Mahfud MD, sumber-sumber yang kuat memang tak ada yang menyebut nama Hasyim bin Yahya sebagai . “Karena Habib bin Yahya itu dulunya tak ada, hanya tokoh fiktif kalau untuk NU,” tegas mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu, Sabtu (10/8/2024).

Mahfud MD juga menyoroti narasi Mas’ud Adnan yang mengutip tulisan di Online. Saat memandu Mas’ud Adnan meyoroti kejanggalan tulisan yang dimuat Online.

Sekedar infomasi, adalah singkatan Jam'iyyah Ahlith Thariqah al-Mu'tabarah an-Nahdliyah yang dipimpin Habib Luthfi bin Yahya. adalah badan otonom NU atau PBNU yang beranggotakan tarekat-tarekat muktabaroh di Indonesia.

Dalam website Online itu, tutur Mas’ud Adnan, ada tulisan yang menyebutkan bahwa adalah Hadratussyaikh KH M Hasyim Asy’ari, KH Abdul Wahid Hasyim, KH Zainul Arifin, KH Zainal Musthafa, KH Idham Chalid, KH Abdul Wahab Hasbullah, KH As’ad Syamsul Arifin, KH Syamun dan kiai-kiai lainnya.

Selain kiai-kiai tersebut, dalam tulisan yang dipublish pada 15 September 2023 itu, Khumaedi NZ, penulisnya menyebut nama Habib Hasyim bin Umar bin Yahya sebagai salah satu .

“Dan diantara dari sekian banyak tokoh yang melatarbelakangi lahirnya Nahdlatul Ulama yakni salah satunya ialah Habib Hasyim bin Umar bin Yahya Pekalongan (Kakek Maulana Habib Luthfi bin Yahya) yang jarang diketahui oleh khalayak umum,” tulis Khumaedi NZ dalam tulisan berjudul “Kakek Habib Luthfi bin Yahya, Salah Satu Ulama dibalik Lahirnya NU”.

Dari mana sumbernya? Khumaedi NZ mengaku mendapat sumber itu dari pernyataan Habib Luthfi bin Yahya dalam rilis video yang diunggah oleh kanal YouTube Bangkit Media 2 tahun yang lalu, yang berjudul Sosok Wali Kuci Berdirinya NU.

Menurut Mas’ud Adnan, dalam itu, dari tulisan itu saja sudah banyak yang janggal. Ia menyebut salah satu contoh. Yaitu KH Idham Chalid.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO