HUT Kemerdekaan RI, Khofifah Ajak Masyarakat Tingkatkan Semangat Nasionalisme dan Gotong Royong

HUT Kemerdekaan RI, Khofifah Ajak Masyarakat Tingkatkan Semangat Nasionalisme dan Gotong Royong Khofifah Indar Parawansa berswafoto dengan Paskibraka.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka memperingati HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia yang mengambil tema, 'Nusantara Baru Indonesia Maju', Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 mengajak seluruh masyarakat menjaga semangat nasionalisme dan gotong royong.

Khofifah mengatakan, semangat nasionalisme dan gotong sangat penting. Sebab, Indonesia sebagai negara yang beragam suku, budaya, dan ras membutuhkan semangat nasionalisme dan gotong royong untuk mencapai tujuan pembangunan sebagaimana termaktub dalam pembukaan UUD 1945.

"Dirgahayu ke-79 Republik Indonesia tahun 2024. Semoga semangat persatuan, gotong royong, dan nasionalisme terus terjaga dan dirawat dengan seluruh napas seluruh elemen masyarakat," kata Khofifah.

Selain itu, kata Khofifah, semangat nasionalisme sangat penting terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara karena merupakan wujud kecintaan dan kehormatan terhadap bangsa sendiri.

"Dengan hal itu, masyarakat dapat melakukan sesuatu yang terbaik bagi bangsanya, menjaga keutuhan persatuan bangsa, dan meningkatkan martabat bangsa di hadapan dunia," tuturnya.

Perayaan kemerdekaan RI juga tercermin dengan simbol bendera merah putih yang harus diimplementasikan secara utuh, baik di hati maupun pikiran.

Disampaikan Khofifah, upaya perwujudan jiwa antara nasionalisme dan aspek humanisme merupakan satu kesatuan karena kebhinekaan menjadi bagian dari keniscayaan sebuah negara besar Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Terus kita bangun, karena kalau nasionalisme terus disemai terus disiram agar kuat karena kekuatan tersebut tanggung jawab kita bersama," jelasnya.

Khofifah mengungkapkan, upaya untuk meningkatkan dan menjaga persatuan dan gotong royong cukup banyak, salah satunya menerapkan sikap menghargai dan menghormati sesama. Sehingga jiwa nasionalisme dan sikap gotong royong dapat terjaga dan berkelanjutan.

"Semua menjadi bagian penting untuk merekatkan bahwa nasionalisme butuh kegotongroyongan," tegasnya. (dev/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO