Kantor Perwakilan BI Kediri Gelar SYIAR 2024: Perkuat Ekonomi Syariah dan Ekosistem Halal

Kantor Perwakilan BI Kediri Gelar SYIAR 2024: Perkuat Ekonomi Syariah dan Ekosistem Halal

Listen to this article

KOTA KEDIRI,BANGSAONLINE.com - Kantor Perwakilan (BI) kembali menggelar acara Semarak Ekonomi Syariah Wilayah Mataraman (SYIAR) 2024.

Acara ini sebagai Road to Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Regional Jawa Tahun 2024 pada Kamis dan Jum’at, 29 - 30 Agustus 2024 di Aula Al Muktamar Pondok Pesantren Lirboyo, Kamis (29/8/2024).

merupakan satu rangkaian kegiatan menuju FESyar Regional Jawa dan Indonesia Syariah Economic Festival (ISEF), sebuah event ekonomi dan keuangan syariah terbesar di Indonesia.

Tujuan penyelenggaraan Semarak Ekonomi Syariah Wilayah Mataraman (SYIAR) 2024 antara lain untuk mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, khususnya di wilayah Mataraman. 

Ekonomi keuangan syariah di Wilayah Mataraman (Eks karesidenan -Madiun) saat ini terus mengalami peningkatan didukung oleh banyaknya pelaku usaha halal, wisata religi, dan pusat pendidikan seperti pondok pesantren/madrasah.

Peningkatan ini tidak terlepas dari upaya strategis berbagai pihak dalam memperkuat ekosistem halal melalui langkah konkrit

Seperti percepatan sertifikasi halal bagi UMKM, sertifikasi rumah potong hewan halal, juru sembelih halal hingga inisiasi Zona Kuliner Halal Aman dan Sehat (KHAS).

Pada opening ceremony , Kepala Perwakilan BI , Yayat Cadarajat, melaporkan, bahwa kegiatan merupakan hasil kolaborasi dan sinergi dengan berbagai stakeholder di wilayah kerja .

Dalam upaya mengakselerasi mewujudkan ekosistem halal Kota , lanjut Yayat, telah dilakukan beberapa program sinergi diantaranya Juru Sembelih Halal, Sertifikasi Halal UMKM dan Pelaku Usaha Komoditas Pangan Halal Strategis, hingga launching zona Kuliner Halal Aman dan Sehat (KHAS) kategori pusat perbelanjaan pertama di Indonesia yang terletak di foodcourt Town Square yang telah ditetapkan pada tanggal 23 Agustus 2024.

“Ke depan komitmen mewujudkan ekosistem halal Kota diwujudkan melalui Kick off Menuju Pusat Kulliner Halal Jl. Dhoho & Pusat Bahan Baku Halal Pasar Banjaran sebagai upaya memperluas dan memperkuat Halal Value Chain di Kota , "tambahnya.

Menurut Yayat, dalam upaya mendorong perekonomian daerah, pada juga dilakukan Business Matching dengan total nilai Rp2,1 Miliar yang terdiri dari Rp664 juta business matcing ekspor, Rp 1,2 miliar business matcing lokal, dan Rp250 juta business matching pembiayaan.

"Pada gelaran Kantor Perwakilan senantiasa melaksanakan edukasi dan sosialisasi sebagai bagian dari strategi utama dalam upaya pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, "terangnya.

Pada hari pertama, lanjut Yayat, akan dilaksanakan Webinar dengan mengangkat tema 'Pemberdayaan Ekonomi Produktif Melalui Ziswaf' yang akan diikuti oleh santri, mahasiswa, dan masyarakat umum. 

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO