Manfaat Pisang Rebus bagi Penderita Diabetes

Manfaat Pisang Rebus bagi Penderita Diabetes Manfaat Pisang Rebus bagi Penderita Diabetes. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Penderita diabetes perlu memilah-milih makanan yang dikonsumsi agar gula darah di dalam tubuh tetap stabil. Salah satu buah manis yang dihindari penderita diabetes ialah pisang. Bolehkah ?

Pisang rebus boleh saja dikonsumsi oleh penderita diabetes, asal dalam batas wajar.

Merebus pisang yang belum terlalu matang baik untuk mengontrol gula darah karena bisa memperoleh manfaat dari kandungan pati resistennya.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), kandungan gula pada 100 gram buah pisang yaitu 12 gram. Adapun karbohidratnya sekitar 23 gram.

Meski begitu, gula alami yang terkandung pada buah-buahan atau realfood lainnya lebih man dibandingkan dengan produk camilan berperisa.

Serat yang terkandung di dalam buah pisang dapat mencegah dan menurunkan gula darah tinggi dengan memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat. Terlebih, jika penderita diabetes makan pisang yang masih hijau atau belum terlalu matang karena mengandung pati resisten.

Pati resisten adalah karbohidrat kompleks yang tidak bisa dipecah menjadi glukosa dan tidak dicerna oleh usus halus. Maka dari itu pati resisten tidak menyebabkan kenaikan kadar gula darah di dalam tubuh.

Selain itu, merebus makanan juga bisa menjadi salah satu cara memasak yang baik untuk penderita diabetes karena bisa menurunkan indeks glikemiknya.

Dilansir dari EatingWell, ahli gizi Kelsey Lorencz, RD, mengatakan bahwa pisang dapat menjadi asupan karbohidrat yang baik bagi penderita diabetes yang mengonsumsi obat penurun gula darah agar terhindar dari hipoglikemia atau kondisi saat glukosa terlalu rendah.

(ans)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO