Kolaborasi, Portkesmas ‘Jaga Bersama’, Siapkan Anak Muda Komunikator Imunisasi di Jatim

Kolaborasi, Portkesmas ‘Jaga Bersama’, Siapkan Anak Muda Komunikator Imunisasi di Jatim Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, dr. Waritsah Sukarjiyah

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Portal Kesehatan Masyarakat (Portkesmas), didukung Indonesia, bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Dinas Kesehatan , Dinas Pendidikan serta Kelompok Kerja Komunikasi Risiko dan Pelibatan Masyarakat (Pokja RCCE+), melalui inisiatif 'Jaga Bersama' menyelenggarakan Pelatihan Komunikator Kesehatan di pada 11-12 September 2024.

Pelatihan ini menggunakan metode Komunikasi Antar-Pribadi (KAP) dan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi perubahan perilaku guna meningkatkan minat warga terhadap imunisasi. Peserta pelatihan terdiri dari 45 orang perwakilan anak muda, pembina organisasi anak muda, dan tenaga kesehatan.

“Belajar dari kesuksesan respon wabah Polio kemarin, kerjasama semua pihak penting untuk dilanjutkan. Pelibatan anak muda jadi energi baru bagi kami dalam memastikan semua anak di Jawa Timur terlindungi dari berbagai penyakit dengan imunisasi, ” ujar Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, dr. Waritsah Sukarjiyah, .

Arie Rukmantara, Kepala Kantor Perwakilan wilayah Jawa, menyampaikan komitmen penuh Indonesia dalam memastikan hak anak dapat terpenuhi.

“Temuan terbaru menunjukkan bahwa masih banyak anak masih yang tidak mendapat imunisasi rutin lengkap. One is too many. Satu saja anak terlewat, sudah terlalu banyak,” kata Arie.

Sedangkan Vania Santoso, Staf Keterlibatan Anak Muda Indonesia menyampaikan pentingnya melibatkan anak muda dalam pembangunan.

“Kegiatan ini dirancang dengan melibatkan unsur anak muda dan perwakilan sekolah dan layanan kesehatan. Harapannya setelah pelatihan ini, anak muda dapat bersinergi menjadi komunikator dalam program-program edukasi imunisasi yang ada,” ujar Vania.

Direktur Eksekutif Portkesmas, dr. Basra Amru, menyampaikan komitmennya untuk terus memfasilitasi kolaborasi berbagai pihak dalam menyukseskan program imunisasi.

“Bersama Indonesia, kami akan terus berupaya untuk memfasilitasi kolaborasi multi-pihak dalam mendukung upaya promotive dan preventive seperti imunisasi yang saat ini juga merupakan salah satu pilar dalam transformasi kesehatan di Indonesia,” ungkap Basra. (dev/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO