Genjot Partisipasi Pemilih, KPU Jatim Gandeng PPI Sidoarjo Sosialisasi Pilkada Serentak 2024

Genjot Partisipasi Pemilih, KPU Jatim Gandeng PPI Sidoarjo Sosialisasi Pilkada Serentak 2024 Sosialisasi pilkada serentak 2024 yang digelar KPU Jatim bersama PPI Sidoarjo, Rabu (18/9/2024) malam. Foto: Ist.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - menggandeng Pimpinan Cabang (Pimcab) Perhimpunan Pergerakan Indonesia (PPI) Sidoarjo untuk menggelar sosialisasi dan pendidikan pemilih pilkada serentak 2024, Rabu (18/9/2024) malam.

Kegiatan yang digelar di Gedung Serbaguna , Kecamatan Wonoayu, Sidoarjo, itu diikuti sekitar 150 peserta.

Baca Juga: Hari Pertama Kampanye Pilkada Sidoarjo 2024, Subandi-Mimik Tancap Gas

Komisioner Divisi Data dan Informasi KPU Jatim, Insan Qoriawan, mengucapkan terima kasih kepada Pimcab .

Melalui kegiatan ini, KPU Jatim bisa bersilaturrahmi dalam rangka tugas kewarganegaraan. Apalagi, melalui kerja sama ini bisa memberikan pengetahuan dan informasi terkait pelaksanaan pilkada serentak yang bakal digelar 27 November 2024.

"Kami sangat berterima kasih dengan Pimcab . Karena tugas kami memberitahukan ke pemilih itu bisa dibantu dalam kegiatan kali ini. Tanpa bantuan , kami jelas kesulitan melaksanakan sosialisasi dan mendongkrak jumlah pemilih di 38 kabupaten dan kota se-Jatim," cetus Insan Qoriawan.

Baca Juga: Diskusi Sahabat Curhat, Polsek Krembung Sidoarjo Ajak Jaga Kerukunan Jelang Pilkada Serentak

Insan mengaku pihaknya banyak bekerja sama dengan sejumlah organisasi kemasyarakatan (ormas) di Jatim dalam menjangkau pemilih di setiap kabupaten/kota di Jatim.

"Karena kalau kami kerja sendiri tidak mungkin mampu menyampaikan sosialisasi masif ke seluruh Jatim. Padahal, para pemilik suara harus diberitahu tahapan dan pelaksanaan pilkada serentak kali ini," ungkapnya.

Insan menjelaskan jika pelaksanaan sosialisasi kali ini diikuti sekitar 150 pengurus ranting desa, kecamatan, dan kabupaten. Ia berharap usai mengikuti sosialisasi, mereka bisa memberitahukan ke istri atau suami dan keluarga terdekatnya.

Baca Juga: Bersama Khofifah-Emil, DPW PKS Jatim Jaga Komitmen Politik Santun

"Artinya, terdapat sistem getok tular dalam sosialisasi pelaksanaan dan tahapan pilkada serentak maupun Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim," katanya.

"Kami berharap melalui sosialisasi ini, bisa mengantarkan warga Jatim untuk mendapatkan pemimpin yang amanah dan bisa mensejahterakan warga Jatim. Karena itu, kami mengapresiasi antusiasme ratusan peserta yang hadir dalam kegiatan malam ini," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Pimcab , M Tri Kisnowo Hadi, menambahkan kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih ini menghadirkan dua narasumber.

Baca Juga: Deklarasi Kampanye Damai di Tugu Pahlawan, Khofifah-Emil Ajak Masyarakat Terapkan Politik Santun

Yakni Fauzin, akademisi yang dikenal sangat berpengalaman dalam berbagai bidang pemilu, dan Fatkhur Rohman, Komisioner Bidang SDM .

"Kegiatan ini bisa terlaksana karena sambung komunikasi dengan Komisioner KPU Jatim. Bahkan kegiatan ini kali ketiga. Sebelumnya, saat pileg dan pilpres, kami () juga melaksanakan kegiatan yang sama di BUMDes Ponokawan Kecamatan Krian dan BUMDes Suwaluh, Kecamatan Balongbendo," paparnya.

Aktivis yang akrab disapa Mas Tri ini menyampaikan bahwa Pimcab ingin mewarnai dan berkontribusi dalam pembangunan di daerah dan pusat.

Baca Juga: Harapan Kiai Asep Terkabul, Khofifah-Emil dan Barra-Rizal Dapat Nomor Urut 2

Saat ini, konteksnya dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo.

"Melalui jalinan kerja sama ini, kamu ingin ikut aktif menjaga stabilitas penyelanggaraan pemilu serentak. Agar proses yang dilaksanakan KPU Jatim dan bisa berjalan dengan sukses. Nah, punya tanggung jawab itu," jelasnya. (sta/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO