Prawoto, Pensiunan PNS di Kota Kediri Rasakan Manfaat Program JKN di Usia Senja

Prawoto, Pensiunan PNS di Kota Kediri Rasakan Manfaat Program JKN di Usia Senja Prawoto (76) pensiunan PNS asal Kota Kediri yang masih menjaga kesehatannya dan terbantu program JKN

KOTA KEDIRI,BANGSAONLINE.com - Prawoto (76) seorang merasakan manfaat program Jaminan Kesehatan Nasional ()

Ia merasa terbantu untuk segala kebutuhan pengobatan atau penya di usia senja.

Baca Juga: Media Workshop BPJS Kesehatan, Potret Satu Dekade Program JKN dan Tantangan Pemerintahan Baru

“Sudah lama saya terdaftar jadi peserta sejak masih aktif bekerja di Kantor Pajak Bumi dan Bangunan. Bahkan dulu namanya masih PT Askes belum berubah menjadi BPJS Kesehatan. Tidak sia-sia saya menjadi peserta karena manfaatnya dapat terus dirasakan hingga saat ini meskipun saya sudah pensiun,” tutur Prawoto saat ditemui di kediamannya, beberapa waktu lalu.

Prawoto menceritakan bahwa ia mengalami penyakit hipertensi setelah masa purna jabatannya.

Tekanan darahnya dapat mencapai 160 mmHg. Menurutnya, penyakit hipertensi yang ia alami disebabkan oleh makanan. Pengobatan yang dijalani untuk penyakit tersebut semua ditanggung oleh .

Baca Juga: BPJS Kesehatan Anugerahkan Penghargaan untuk Jurnalis dan Media Massa, Berikut Daftar Namanya

“Saat ini saya menderita penyakit hipertensi atau darah tinggi. Setelah pensiun baru terkena penyakit tersebut. Bahkan tekanan darah saya pernah mencapai 160 mmHg. Alhamdulillah saya selalu pakai apabila sakit dan membutuhkan pe untuk pengobatan penyakit saya,” ujarnya.

Prawoto menuturkan, selama menggunakan dirinya tak pernah merasakan adanya perbedaan yang diberikan oleh penyedia fasilitas kesehatan dalam hal pelayanan. Bahkan dirinya selalu mendapatkan pesan pengingat dari fasilitas kesehatan apabila obat sewaktu kontrol belum juga diambil.

“Untuk pelayanan di fasilitas kesehatan baik di FKTP dan rumah sakit tidak ada masalah, semuanya lancar. Tidak pernah dibedakan antara pasien pengguna dengan pasien umum. Ketika waktunya kontrol kadang saya tidak langsung mengambil obat. Sama pihak rumah sakit selalu diingatkan untuk mengambil obatnya. Jadi sangat membantu khususnya seperti saya yang sudah lanjut usia yang terkadang sering lupa,” tuturnya.

Baca Juga: Di Sosialisasi KITA, Pj Wali Kota Kediri Dorong Kemudahan Warga dalam Administrasi Kependudukan

Prawoto pun menegaskan bahwa dirinya tidak pernah dipungut biaya tambahan selama menjalani pengobatan. Semua biaya pemeriksaan oleh dokter dan biaya untuk obat ditanggung penuh oleh Program .

“Selama mengunakan tidak pernah ada tambahan biaya, semuanya gratis ditanggung penuh oleh . Tiap bulan saya selalu rutin kontrol dan konsumsi obat untuk penyakit hipertensi saya. Untuk biaya periksa dokter dan obat juga ditanggung ,” ucapnya.

Meskipun Prawoto sudah memasuki usia senja, dirinya tetap aktif berolahraga dan aktif mengikuti Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis). 

Baca Juga: Lawat ke Rumah Duka, Pj Wali Kota Kediri Sampaikan Belasungkawa atas Berpulangnya Gus Lik

Salah satu kegiatan dalam program prolanis adalah senam sehat yang dilaksanakan setiap hari minggu. Tidak hanya itu, dirinya juga mengikuti Senam Sehat Indonesia yang diadakan pada hari selasa dan sabtu. Dapat dikatakan Prawoto rutin melakukan olahraga senam selama 3 hari dalam 1 minggu.

Selain melakukan olahraga rutin, Prawoto mengungkapkan jika ia menjaga pola makan yang lebih baik seperti mengurangi makanan yang mengandung garam tinggi. 

Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk mencegah penyakit hipertensinya agar tidak kambuh lagi dan untuk menjaga kestabilan tekanan darahnya.

Baca Juga: ​Finfest 2024 Kota Kediri Ajak Masyarakat Melek Literasi dan Inklusi Keuangan

“Saya rutin melakukan olahraga, dalam 1 minggu itu bisa 3 kali senam. Kebetulan saya peserta Prolanis, jadi dari program tersebut selalu diadakan senam setiap hari minggu. Di luar Prolanis saya juga mengikuti Senam Sehat Indonesia tiap hari selasa dan sabtu. Selain itu, Prolanis juga menyediakan cek tensi darah tiap saat secara gratis. Saya rutin melakukan cek tensi tiap bulan untuk mengkontrol tekanan darah. Saat ini saya juga menjaga pola makan dengan mengurangi makanan asin. Harapannya dengan rutin berolahraga dan menjaga makanan saya dapat sembuh dari hipertensi,” tuturnya.

Prawoto juga memberikan pesan kepada masyarakat khususnya yang belum memiliki untuk segera mendaftar menjadi peserta. Menurutnya dengan mempunyai akan sangat terbantu khususnya mengenai biaya. 

Sedangkan untuk orang yang sudah terdaftar sebagai peserta, meskipun memiliki akan lebih baik menjaga hidup yang lebih sehat untuk mencegah terkena suatu penyakit.

Baca Juga: Pj Wali Kota Kediri dan Kapusdokkes Polri Lepas RS Bhayangkara Fun Run 2024

“Bagi bapak dan ibu yang belum memiliki dihimbau untuk segera mendaftarkan dirinya. Karena ini sangat membantu dan memberikan kemudahan bagi pesertanya. Kita tidak tahu kedepannya apakah akan tetap sehat atau tidak. Jika suatu saat sakit dan membutuhkan biaya tinggi, maka tidak perlu khawatir karena ada yang menanggung. Untuk itu, mari kita saling jaga kesehatan diri sendiri,” tutup Prawoto. (uji/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Tanam Pohon dan Tebar Benih Ikan Warnai Peringatan Hari Bumi dan Hari Air Dunia di Kota Kediri':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO