Awas, Es Batu juga Berformalin

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) menggelar pelatihan teknis bahaya penggunaan formalin pada produk hasil perikanan bagi pengola ikan dengan menghadirkan narasumber Abd.Muntahal, SE dan Lembaga Pembinaan dan Pengujian Hasil Perikanan (LPPHP) DKP Provinsi Jawa Timur, Sa'adah Mukadar,APi,MT.

"Formalin itu beracun, beberapa bahaya yang ditimbulkan di antaranya, jika terkena kulit bisa alami luka bakar, iritasi pada saluran pernafasan, bahaya kanker pada manusia. Sedangkan bahayanya, bisa jangka pendek atau akut dan bahaya jangka panjang atau kronis," urai Sa'adah Mukadar, APi,MT.

Terpisah, Sekretaris DKP Ir.M Bachruni Ariawan menegaskan, pihaknya telah berkali-kali melakukan sosialisasi agar nelayan tidak menggunakan formalin. Sebab, keberadaan komoditas perikanan di ada 2 jenis yakni ikan produksi hasil budidaya dan hasil tangkap. Produksi hasil tangkap itu, biasanya ikan dapat mengalami pembusukan dengan cepat jika tidak diawetkan dengan es batu.

"Masyarakat juga harus berhati-hati dalam penggunaan es batu. Karena es batu itu sendiri juga masih ada beberapa yang mengandung formalin," jelasnya. (kmd/sho)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO