Hutan Gunung Lemongan Terbakar Lagi

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Hutan di lereng Gunung Lemongan di wilayah Kecamatan Klakah, Kabupaten , Rabu (16/9), kembali terbakar. Kebakaran ini merupakan yang kedua, setelah sepekan sebelumnya di kawasan yang sama juga terjadi kebakaran.

Api membakar alang-alang dan tanaman perdu yang mengering di sepanjang lereng gunung dengan ketinggian 1.651 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut. Misbakhul Munir Wakil ADM Perhutani mengatakan, bahwa kebakaran terjadi mulai pukul 10.00 WIB dengan lokasi kebakaran di petak 12 dan 19.

Baca Juga: Pramuka Lumajang Buka Suara Usai Nama Baiknya Dicatut Thoriq Soal Pengelolaan Donasi Semeru

"Saat ini, Perhutani dibantu masyarakat dan relawan Laskar Hijau sudah melakukan upaya pemadaman. Kalau kekurangan personil, kami akan meminta bantuan BPBD, Satpol PP dan kepolisian," ujarnya.

Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran. "Tapi biasanya masyarakat yang melakukan peladangan liar dengan cara membakar alang-alang di sana," ujarnya.

Terkait potensi kebakaran hutan, Misbakhul Munir menyebutkan, bahwa cuaca sangat ekstrem dan vegetasi sangat kering sehingga mudah terbakar yang menjadi salah-satu faktornya. "Untuk itu, kami mengimbau masyarakat di sekitar hutan, agar tidak membuat api dan membuat peladangan liar dengan cara membakar. Karena penyebab itu yang selama ini menjadi pemicu utama kebakaran di Gunung Lemongan," kata dia. (ssn/ros)

Baca Juga: Kamis Pagi ini, Gunung Semeru Alami Erupsi Abu Vulkanik Setinggi 700 Meter

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Duel Maut Dengan Kades Sukosari, Perangkat Desa Jatiroto tersabet Celurit Hingga Usus Keluar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO