Kekeringan di Jombang Meluas hingga 4 Kecamatan

Kekeringan di Jombang Meluas hingga 4 Kecamatan Warga sedang mencari air bersih ke dusun tetangga. foto: rony suhartomo/BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Kekeringan yang melanda kabupaten Jawa Timur semakin parah. Sebelumnya dilaporkan kekeringan hanya melanda tiga kecamatan, yakni kecamatan Ngusikan, Bareng dan Kabuh. Namun kali ini musibah kekeringan meluas hingga kecamatan Wonosalam, tepatnya di Dusun Brongkol, Desa Wonokerto. Pasokan air dari aliran pipa swadaya masyarakat tidak lagi mengalir di dusun tersebut sejak dua bulan terakir.

Said (45) salah satu warga dusun brongkol mengatakan, dusunnya sudah tidak teraliri air dikarenakan stok aliran air sudah habis digunakan warga dusun di atasnya yakni dusun Kersorejo dan Pulerejo.

"Sejak dua bulan terakir kami tidak mendapat aliaran air, jadi terpaksa harus minta ke dusun tetangga untuk kebutuhan Mandi Cuci Kakus (MCK)," ujarnya kepada wartawan, Selasa (29/9/2015).

Said menambahkan, hingga saat ini pihaknya belum juga mendapat bantuan dari pemerintah Kabupaten untuk kebutuhan air bersih.

"Bahkan untuk mandi saja kita harus numpang di dusun tetangga yang masih banyak aliran air. Kami berharap agar pemerintah Kabupaten dapat segera mengririmkan air bersih untuk kami," imbuhnya.

Hal senada juga diutarakan Eko (35). Ia mengungkapkan kebutuhan akan ketersediaan air bersih sangat diharapkan warga, karena setiap hari warga membutuhkannya. "Pipa yang disediakan untuk aliran air hingga saat ini tak kunjung mengalir mas, kami harap agar Pemkab lebih memperhatikan kondisi warga pinggiran seperti kami ini," jelasnya. (jbg1/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Video Vanessa Angel dan Suami Kecelakaan di Tol Jombang, Anak Selamat':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO