Janda Sebatang Kara di Karangasem Gresik Rawat Cucu Lumpuh 13 Tahun, Bertahan Hidup lewat Rosokan

Janda Sebatang Kara di Karangasem Gresik Rawat Cucu Lumpuh 13 Tahun, Bertahan Hidup lewat Rosokan Nenek Simpen (70) saat sedang menunggui cucunya, Fitri Eka (13) yang lumpuh tidur di lantai beralas anyaman bambu. foto: syuhud/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Janda sebatang kara, nenek Simpen (70), warga Karangasem Desa Karangandong Kecamatan Driyorojo Kabupaten , tidak bisa menikmati masa tua dengan bergelimpangan kasih sayang dari anak-anaknya. Sebab, di usianya yang sudah kepala tujuh, justru dia sibuk mengurus cucunya, Fitri Eka (13), yang mengalami kelumpuhan sejak bayi, tepatnya saat usai 3 bulan. 

Dia merawat cucunya itu sendiri di rumah yang sangat sederhana berukuran 3x5 Meter terbuat dari bambu dan berlantai tanah.

Untuk menyambung hidup, janda ini harus mencari rosokan (barang bekas) yang kemudian dijual kepada pedagang keliling. Hasilnya pun tidak seberapa. Rata-rata dalam se hari dia mampu mendapatkan uang dari hasil menjual rosokan antara Rp 10-20 ribu. "Uang hasil dari menjual rosokan itu saya gunakan makan dengan cucu saya, Fitri. Sisanya saya tabung," kata Simpen, di rumahnya Dusun Karangasem Desa Karangandong, Jumat (2/10).

Menurut dia, hasil uang dari kerja mencari rosokan itu sebetulnya tidak cukup untuk mencukupi kehidupannya sehari-hari. Terlebih, untuk biaya berobat cucu kesayangannya. Karena itu, cucunya terpaksa harus dibiarkan tetap berada di rumahny

"Ya ini kondisi rumah dan cucu saya. Cucu saya tidur di lantai beralasan anyaman bambu. Alhamdulillah, meski cucu saya lumpuh, tapi dia masih diberikan umur panjang," tuturnya dengan mata berkaca-kaca.

Nenek Simpen kemudian menceritakan awal mula kelumpuhan cucunya, Fitri Eka, anak pasangan Bambang dan Umi tersebut. Cucunya saat itu divonis dokter lumpuh permanen, karena syaraf di otaknya tidak berfungsi. Musibah itu terjadi 13 tahun silam. "Ketika itu cerita ibunya (Umi), Fitri pada saat usia 3 bulan dipangku ibunya. Lalu ibunya ngantuk, sehingga Fitri terjatuh. Kepalanya membentur lantai, sehingga otot syarafnya terggangu," kenangnya.

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO