Jokowi Marah: Saya Gak Apa-Apa Dikatain Presiden Gila dan Sarap, Asal...

Jokowi Marah: Saya Gak Apa-Apa Dikatain Presiden Gila dan Sarap, Asal... Presiden Jokowi. foto: youtube

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Penampilan Presiden Joko Widodo (jokowi) selama ini dikenal sangat tenang. Tapi Senin sore (7/12/2015) berubah drastis. Presiden ke-7 ini menunjukkan kemarahannya karena namanya dicatut oleh Ketua DPR Setya Novanto dan pengusaha Riza Chalid dalam pembahasan perpanjangan kontrak .

menegaskan bahwa lembaga negara, baik Presiden, wakil Presiden atau lembaga negara apapun tidak bisa dipermainkan. "Saya tidak apa-apa dikatain Presiden gila, Presiden sarap, Presiden koppig, ndak apa-apa. Tapi kalau sudah menyangkut wibawa mencatut meminta saham 11 persen itu yang saya tidak mau," kata di Istana Merdeka, Senin, 7 Desember 2015.

Baca Juga: Bansos Beras Diharapkan Lanjut, Presiden Jokowi Janji Akan Bisiki Prabowo

Presiden mengatakan pencatutan nama sama sekali tidak bisa ditoleransi. Menurut dia, masalah pencatutan merupakan masalah kepatutan, kepantasan dan menyangkut moralitas. "Itu masalah wibawa negara," katanya.

Awalnya, menyampaikan konferensi pers mengenai Pilkada serentak yang akan diadakan pada Rabu mendatang. Seusai mengadakan konferensi pers, kemudian ditanya komentarnya mengenai sidang Mahkamah Kehormatan Dewan. 

Awalnya, masih memberikan pernyataan yang tenang. Tapi setelah itu, nada terlihat meninggi, matanya pun melotot, tangannya menunjuk dan suaranya bergetar. Dahinya pun berkerut saat menyampaikan kalimat "Saya tidak apa-apa disebut Presiden gila, presiden sarap."

Baca Juga: Bersama Presiden Jokowi, Menteri ATR/BPN Peroleh Brevet Kehormatan Hiu

Sebelumnya diberitakan, rekaman percakapan yang diduga dilakukan Ketua DPR Setya Novanto, pengusaha minyak Muhammad Riza Chalid dan Presiden Direktur PT Indonesia Maroef Sjamsoeddin diputar di sidang Mahkamah Kehormatan Dewan, Rabu 2 Desember 2015 mengungkap banyak hal. Tak hanya soal kontrak perpanjangan di Indonesia, tapi juga karakter Presiden Joko Widodo yang keras kepala.

Ada sejumlah contoh kasus yang menyinggung sikap keras kepala Presiden . Selain urusan pencalonan Budi Gunawan sebagai Kapolri, juga sikap keras kepala dalam membekuan PSSI yang membuat TVOne harus kehilangan pemasukan besar dari hak siar. Sikap keras kepala itu diungkapkan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Setya Novanto dengan menyebut Presiden , "koppig". Koppig adalah kata dari bahasa Belanda yang berarti keras kepala.

"Pengalaman saya ya Pak. Presiden ini agak koppig (kopeh, bahasa Belanda), tapi bisa merugikan semua. Contoh yang paling gampang itu PSSI. Apa susahnya ini ya, saya bicara. Saya harus bicara itu saya bicara dulu PSSI," kata Setya seperti dalam rekaman yang diperdengarkan di sidang Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD).

Baca Juga: Jokowi Resmikan Smelter Grade Alumina, Erick Thohir Paparkan Dampak soal Impor Alumnium

Setya pun bercerita soal upaya untuk meyakinkan tentang konflik PSSI. Bahkan, Ketua MA pun memberikan pertimbangannya terkait PSSI. Namun, masukan MA juga tak digubris .

"Kalau sudah bilang enggak, ya enggak, susah kita. Tetap saja. Kita dikte saja. Gitu Pak. Koppignya dia buat bahaya kita," ungkap Setya Novanto.

Setya Novanto di rekaman itu juga bercerita lagi soal "keras kepala"-nya . Pada intinya, dia mengungkapkan bahwa untuk menghadapi tidak bisa dengan penekanan. Semakin ditekan, justru semakin menolak. Mendengar cerita Setya ini, Presiden Direktur Indonesia Maroef Sjamsoeddin tak banyak komentar.

Baca Juga: Menparekraf Sebut Investasi IKN dari Luar Negeri Sentuh Angka Rp1 Triliun

"Kadang-kadang dia kalau egonya ketinggian, ngerusak Pak. Ngono Pak. Makanya pengalaman-pengalaman saya sama dia, begitu dia makin dihantam makin kenceng dia. Nekat Pak. Waah," kata Setya.

Cerita Setya soal sulitnya mengambil hati lalu ditimpali oleh pengusaha minyak, Riza Chalid. Riza bercerita soal dirinya dulu yang sering melakukan rapat bersama , Budi Gunawan, dan Hendropriyono sebelum pelaksanaan pemilihan presiden.

"Saya itu jodohin terakhir, ngedorong jadi capres. Saya, Pak Hendropriyono, dan Pak Budi Gunawan. Seminggu sekali kita rapat di rumah Pak Hendro ama . Paling lambat dua minggu sekali, selama setahun sebelum capres Pak. Walaah alot Pak, saya suruh ganti baju. Wah, Pak ganti baju dong," cerita Riza.

Baca Juga: Presiden Jokowi Jadi Saksi Pernikahan Yusuf dan Jihan, Khofifah: Sebuah Kehormatan yang Luar Biasa

"Berbahaya Pak. Bahaya kalau dia selalu begitu," kata Setya Novanto.

Sumber: Tempo.co

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Presiden Jokowi Unboxing Sirkuit Mandalika, Ini Motor yang Dipakai':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO