Chikungunya Serang Tulungagung

Chikungunya Serang Tulungagung PENYEMBUHAN. Salah satu korban chikungunya, Djurianto ketika istirahat untuk proses penyembuhan, kemarin. foto: feri/ BANGSAONLINE

TULUNGAGUNG, BANGSAONLINE.com - Chikungunya menyerang . Sedikitnya 87 rumah di Desa Moyoketen Kecamatan Boyolangu diserang nyamuk Aedes aegypti atau Aedes albopictus yang membawa virus chikungunya. Akibatnya, semua penghuni rumah tersebut terjangkit gejala lumpuh sementara dan demam.

"Kami sudah menderita selama 14 hari. Awalnya setelah bangun tidur, kaki terasa linu dan tak bisa berjalan disertai suhu badan yang panas tinggi. Setelah berobat di pukesmas, sekarang sudah membaik tinggal proses penyembuhan," ungkap Djurianto (56) salah satu korban yang juga Ketua RT 03 di Desa Moyokaten, Kamis (07/1).

Djurianto yang rumahnya tak jauh dari balai Desa Moyokaten tersebut menambahkan, satu keluarga di rumahnya juga terserang chikungunya, termasuk anaknya. Begitu juga tetangga yang lain.

"Saat ini, tetangga di gang utara, belum pulang dari rumah sakit dengan gejala yang sama," imbuhnya.

Hal yang senada dikatakan Sisum (70) warga lainnya yang belum lama pulang berobat akibat diserang chikungunya. Saat ini, dia belum bisa melakukan aktvfitas rutin karena hanya bisa terbujur di rumah.

"Sekarang masih di rumah, belum bisa ke mana-mana sejak sakit linu. Anjuran dokter disuruh istirahat dulu. Sudah ada penyemprotan (fogging) di sini," katanya.

Kepala desa (Kades) Moyokaten, H Sunyoto membenarkan kalau warga desanya diserang chikungunya. Pihaknya mengaku tak bisa berbuat banyak sehingga hanya bisa pasrah dan melaporkan Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk dilakukan pengendalian.

"Pemicunya mungkin karena perkembangbiakan nyamuknya luar biasa. Apalagi pekarangan warga banyak tumbuh pohon belimbing yang tempatnya gelap yang luasnya secara keseluruhan mencapai 20 hektar. Dinas terkait juga sudah merespon laporan kami dan sudah dilakukan fogging. Mudah-mudahan kondisi membaik seperti semula," harapnya. (fer/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pria di Tulungagung Pepet Perempuan Pengendara Motor Sambil Masturbasi ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO