Limbah Pasar Ikan Lamongan terus Bawa Masalah, kini Baunya Membuat Warga Mual

Limbah Pasar Ikan Lamongan terus Bawa Masalah, kini Baunya Membuat Warga Mual JOROK: Kondisi pasar ikan Lamongan. Hingga kini masalah limbahnya belum teratasi. foto: nurqomar/ BANGSAONLINE

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Warga sekitar Pasar ikan Lamongan mengeluh bau busuk limbah ikan yang selama ini dibuang di kali yang tak jauh dari pemukiman warga. Selama ini limbah pasar dibuang melalui saluran paralon yang ditembuskan ke kali.

“Ya semua dialirkan ke kali lewat paralon itu, sehingga masyarakat yang ada di sekitar pasti mencium bau tak sedap,“ ujar Khayatun, warga yang tinggal di Jalan Laras-Liris Lamongan yang tak jauh dari pasar ikan tersebut.

Hal itu dibenarkan Huda, tukang becak yang biasa mangkal di depan pintu masuk pasar tersebut. Dirinya mengaku sering mual dan tak jarang juga muntah. “Kalau kita lagi pas eneg, perut pasti mual dan langsung muntah, banyak yang merasakan seperti saya,“ ujarnya, Senin (18/1)

Bau limbah pasar ikan ini disorot salah satu aktivis Lingkungan Lamongan, Anwar. Ia menyatakan bahwa Perusahaan Daerah (PD) Pasar dan juga Badan Lingkungan Hidup (BLH) sama-sama menyia-nyiakan fasilitas Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang dibangun dengan nilai ratusan juta.

“Pihak pasar membuang limbah tanpa mau mengolah limbah lewat tabung besar (IPAL),” tegas Anwar.

"Jika terus dibiarkan tanpa perhatian serius dari SKPD atau eksekutif, maka polusi udara dan limbah akan berdampak sangat fatal bagi masyarakat kota Lamongan," imbuhnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO