Ekosistem Rusak, Ratusan Lubang Tambang Emas Gunung Manggar Jember Ditutup Paksa

Ekosistem Rusak, Ratusan Lubang Tambang Emas Gunung Manggar Jember Ditutup Paksa Tim gabungan saat menutup lubang tambang emas di Gunung Manggar, kemarin. foto: detikcom

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Lantaran keberadaanya merusak ekosistem selama bertahun-tahun, ratusan lubang penambangan emas liar di Gunung Manggar, Desa Kesilir, Kecamatan Wuluhan, Jembar, ditutup paksa.

Lebih dari 1.576 tim gabungan terdiri dari Polres Jember, Kodim 0824 Jember, Yon Armed 8, Yonif 509/Raider, dan 447 orang yang terdiri atas Pramuka, Perguruan Silat Setia Hati Ambulu, dan warga sekitar Gunung Manggar, kemarin (26/2) terjun ke lokasi untuk menutup lubang-lubang tersebut. Karena jumlahnya ratusan, penutupan ini akan dilakukan selama beberapa hari ke depan hingga semua lubang tertutup.

"Untuk penutupan lubang ini, kita mengerahkan 1.576 personil dari Polri, TNI, Perhutani, dan sejumlah elemen masyarakat," kata Kapolres Jember AKBP Sabilul Alif, yang memimpin penutupan tersebut, dilansir detikcom.

Menurut dia, aksi penambangan emas liar di Gunung Manggar yang merupakan lahan Perhutani, sudah berjalan bertahun-tahun. "Alhamdulilah, hari ini kita bisa melakukan penutupan dengan kekuatan penuh. Harapannya, tidak ada lagi aksi penambangan emas liar di area Gunung Manggar ini," jelas Sabilul.

Ke depan, pihaknya bersama TNI dan Perhutani akan melakukan penjagaan sekaligus pengawasan di area itu, untuk mencegah terjadinya lagi aksi penambangan ilegal.

Sabilul Alif menegaskan, tidak ada oknum aparat, Polisi, TNI, dan Perhutani, yang menjadi tameng penambang emas liar seperti isu yang berkembang selama ini. Menurutnya, isu ada tameng penambangan emas liar yang berkembang selama ini sengaja diciptakan para penambang untuk melegitimasi atau memudahkan penambangan.

Pihaknya bersama Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Infanteri Muhammad Nas dan Kepala Perhutani Jember Johan menegaskan, jika sampai saat ini tidak ada oknum yang terlibat dengan aksi penambangan emas liar tersebut. Operasi penutupan lubang itu dilakukan dengan menutup ratusan lubang bekas galian tambang, membongkar warung, dan tempat parkir yang berdiri di sepanjang jalan menuju lokasi tambang.

Sumber: detik.com

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO