Satu Bayi di Jombang Lahir pada Tanggal Kabisat

Satu Bayi di Jombang Lahir pada Tanggal Kabisat Bayi yang lahir di tanggal kabisat di RSUD Kabupaten Jombang

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Satu bayi perempuan di kabupaten , Jawa Timur lahir tepat pada tanggal 29 Februari 2016. Kelahiran bayi di RSUD itu dinilai istimewa karena tanggal tersebut hanya muncul satu kali dalam empat tahun atau yang lebih dikenal dengan nama tahun kabisat.

Anak tersebut merupakan anak pertama dari pasangan Amin Fauzi (28) dan Lusiana (24) lahir dengan persalinan normal. Bayi tersebut lahir tepat pukul 05.30 WIB. Sayangnya, bayi perempuan yang belum diberi nama itu harus dirawat di ruangan Pelayanan obstetric dan neonatal emergensi komprehensif (Ponek) RSUD . Pasalnya, si jabang bayi terlahir hanya dengan berat badan 1.460 gram dan panjang tubuh 42 sentimeter.

Kendati begitu, Amin mengaku bahagia atas lahirnya si buah hati. Terlebih lagi, bayi yang dikandung Lusiana berbulan-bulan lamanya terlahir pada hari spesial. Yakni tanggal 29 Februari 2016 pada tahun kabisat yang hanya ada tiap 4 tahun sekali.

"Saya tidak menyangka akan lahir hari ini. Kalau prediksi dokter lahirnya bulan Maret, jadi tanpa kami rencanakan," kata pria asal Dusun Suwaru, Desa Wringin Pitu, Kecamatan Mojoagung, kepada wartawan.

Dalam kalender Masehi, tanggal 29 Februari hanya ada pada tahun kabisat yang terjadi setiap 4 tahun sekali. Pada dasarnya, satu tahun syamsiah (berdasarkan revolusi bumi terhadap matahari) terdiri dari 365 hari 5 jam 48 menit dan 45,1814 detik. Jika setiap tahun dihitung genap 365 hari, maka setiap 4 tahun akan kelebihan 1 hari. Untuk mengkompensasi hal ini, setiap 4 tahun sekali diberi 1 hari ekstra, tanggal 29 Februari.

"Bagi kami sebagai orang tua, semoga kami sekeluarga diberi kesehatan selalu, dan anak saya supaya berbakti kepada orang tua kalau besar nanti," tandasnya. (ony/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Video Vanessa Angel dan Suami Kecelakaan di Tol Jombang, Anak Selamat':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO