Percepat Agro Eco Wisata Ponco Wismo Jati, Pemkab Malang Kembangkan Kawasan Bromo

Percepat Agro Eco Wisata Ponco Wismo Jati, Pemkab Malang Kembangkan Kawasan Bromo Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Malang, Kukuh Banendro. foto: putut priyono/ BANGSAONLINE

MALANG, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten Malang akan mengembangkan kawasan sekitar Bromo, demi percepatan Agro Eco Wisata Ponco Wismo Jati.

Ini merupakan kepanjangan Poncokusumo, Wajak, Pakis, dan kawasan Bromo. "Agro Eco Wisata Ponco Wismo Jati ini terdiri 5 Kecamatan dan 1 kawasan, yakni kawasan Bromo," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Malang Kukuh Banendro, Rabu (30/3).

Baca Juga: Bupati Malang Resmikan Jalan Desa Babakan Sepanjang 500 Meter

Dilihat dari letak geografis, Kabupaten Malang bagian selatan yang dilingkari pantai dan laut, sedangkan sebagian besar wilayah timur dan barat dipenuhi dataran tinggi. Artinya, daerah ini memiliki potensi wisata agro yang sangat tinggi.

"Untuk kawasan timur Kabupaten Malang, daerah Kecamatan Poncokusumo bakal dikembangkan jadi base oriented, pembangunan yang berbasis kawasan," tambah dia.

Kukuh menekankan, untuk pengembangan Ponco Wismo Jatu ini bukan pekerjaan mudah. Pasalnya, tambah dia, dalam waktu yang pendek ini harus dibarengi peletakan komitmen atau program untuk menjalankan kegiatan berikutnya.

Baca Juga: Tinjau Pasar Pakisaji, Bupati Malang Bagikan Doorprize dan Minyak Goreng

Sehingga, ada keterkaitan antara perencanaan dengan konsepsi awal antara keinginan dan harapan nantinya di akhir tahun ke 5 bisa tampak seperti yang diharapkan.

"Tentunya, agar tujuan yang telah ditetapkan di awal dapat terwujud, maka dibutuhkan sinergitas dari beberapa pihak, baik itu SKPD sendiri maupun stake holder dan pemangku kepentingan yang lain," pungkas dia. (mlg1/thu/ros) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO