Reyang Permana Bocah Kelas VI SD di Jombang, jadi Tukang Lap agar Bisa Sekolah

Reyang Permana Bocah Kelas VI SD di Jombang, jadi Tukang Lap agar Bisa Sekolah Reyang Permana, saat ditemui di tempatnya mengelap kendaraan. foto: RONY S/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Perhatian Pemerintah Kabupaten terhadap kesejahteraan masyarakat dan terjaminnya pendidikan anak ternyata belum menyentuh seluruh lapisan warga miskin. Terbukti, Reyang Permana (11) salah satu siswa kelas VI SD di kota santri luput dari sentuhan Pemkab sebagai pengayom masyarakat.

Reyang yang merupakan putra ketiga dari pasangan suami istri (Pasutri) Adi Suparno (40) dan Anik Nur Sholikhah (36) itu rela tidak bermain dengan teman-temannya karena harus mencari uang untuk biaya sekolah dengan cara memberikan jasa pengelapan kendaraan orang. Bocah asal Dusun/Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto itu setiap hari sepulang dari ngaji pergi ke salah satu apotek di belakang RSUD untuk mengelap kendaraan pengunjung. Baik sepeda motor maupun mobil.

Hebatnya, dalam pantauan Bangsaonline secara tersembunyi di lokasi Reyang mengelap kendaraan, meskipun sudah mengelap kendaraan pengunjung, Reyang tidak lantas meminta uang sebagai tanda balas jasanya. Namun, bocah mungil tersebut memilih menunggu diberikan pemilik kendaraan. Bahkan, Ia selalu menanyakan kepada pemilik kendaraan yang memberi uang di atas Rp 2000 karena dianggap terlalu banyak.

Bagi cucu Mainten (70) itu, dirinya malu kalau harus meminta-minta kepada orang tanpa memberikan jasa. "Saya malu kalau minta-minta. Ini saya ngelap juga tidak maksa orang untuk ngasi. Kalau dikasi saya terima, kalau tidak dikasi juga ndak apa-apa," kata Reyang dengan penuh polosnya saat ditemui di Jl Adityawarman tempatnya mengelap kendaraan, Senin (25/7) sore jelang maghrib.

Baginya, lebih baik menukarkan jasa yang dimiliki daripada harus meminta-minta. "Saya bukan peminta-minta. Lebih baik saya bekerja seperti ini daripada saya mengemis di jalan, sembari mencari pekerjaan lain, siapa tahu ada," tandasnya

Kesehariannya, Reyang menaiki sepeda ontel saat berangkat dari rumahnya untuk mencari uang. "Saya tidak bisa melarang karena memang kami tidak mampu memberikan uang jajan. Jadi, dia mencari uang sendiri," kata Anik Nur Sholikhah yang tak lain ibu kandung Reyang saat ditemui di rumahnya, Selasa (26/7) pagi.

Selain untuk uang jajan setiap hari, Reyang juga menabung sebagian hasil usaha mengelap kendaraan. "Tapi tidak pernah banyak, paling banyak hanya sekitar Rp 20 ribu," ucapnya.

Lihat juga video 'Video Vanessa Angel dan Suami Kecelakaan di Tol Jombang, Anak Selamat':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO