Sering Kebanjiran, Candi Pamotan I dan II Rusak

Sering Kebanjiran, Candi Pamotan I dan II Rusak

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com – Berbeda dengan candi lain di Sidoarjo, Candi Pamotan I dan II kondisinya memrihatinkan. Di musim hujan, sebagian candi terendam air, dan akhirnya tergerus.

Lilik, juru kunci candi Pamotan I dan II, menyesalkan hal ini, ketika ditemui, Kamis (22/09/2016).

Candi yang terletak di Desa Pamotan Kecamatan Porong, Sidoarjo ini dapat ditempuh dalam waktu 30 menit dari pusat Kota Sidoarjo. Tepatnya berjarak 12 km dari Alun-alun, dengan mengendarai kendaraan bermotor, dikarenakan untuk masuk wilayah candi ini jalannya tidak lebar sekitar 2 meter.

Sementara jarak antara candi Pamotan I dengan candi Pamotan II hanya kurang lebih 50 meter.

Kini, kedua candi kondisinya memprihatinkan. Sebab jika hujan lebat melanda wilayah candi tersebut, maka kedua candi tersebut akan terendam khususnya candi Pamotan I. “Apalagi Pamotan I ini, kalau hujan lebat lama pasti terendam hingga sebagian candinya,” ujarnya.

Dirinya mengaku khawatir dengan keadaan candi yang semakin tergerus air. Apalagi kedua puncak candi itu sudah tidak utuh alias roboh.

Untuk candi Pamotan II tidak jauh berbeda dengan Pamotan I karena susunan batu bata merah candi hampir tidak berbentuk. Candi ini mempunyai nasib sama, yaitu terendam banjir.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO