Penanganan Longsor di bawah Jembatan Bendung Gerak Terkendala Tingginya Air

Penanganan Longsor di bawah Jembatan Bendung Gerak Terkendala Tingginya Air

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Penanganan longsor di bawah jembatan Bendung Gerak di Desa Ngeringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro terkendala tingginya air Sungai Bengawan Solo. Jembatan sepanjang 504 meter yang menghubungkan Desa Ngringinrejo, dengan Desa Padang, Kecamatan Trucuk itu longsor sejak Mei lalu.

"Air Bengawan Solo sedang naik, sehingga sejak kemarin kita hentikan pengerjaannya," ujar Dasup, petugas penjaga Bendung Gerak dari Balai Besar Bengawan Solo, Kamis (24/11).

Penangan longsor itu dengan model memasang beton berbentuk persegi empat di dalam tanah, tepatnya di tepi Bengawan Solo yang longsor. Sebab, tanah di bawah jembatan tersebut kerap terkena hantaman air, sehingga tepi sungai mengalami longsor dan ambles.

"Perbaikan hanya bersifat sementara. Ke depan akan dialokasikan dana lagi untuk perbaikan permanen," jelasnya.

Sejak Mei lalu, plengsengan sleding atau tepi Bengawan Solo yang berada di bawah jembatan Bendung Gerak ambrol. Plengsengan yang longsor terjadi di dua titik. Titik pertama di Desa Ngringinrejo sepanjang 20 meter, titik kedua di Desa Padang sepanjang 10 meter.

"Ambrol sedalam kurang lebih 3 meter. Selain itu, dua titik lantai paving juga ambles yang berada di Desa Padang," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro, Andik Sujarwo dikonfirmasi terpisah.

Andik mengatakan, ambrolnya plengsengan bendung gerak itu diduga karena tekanan dan gerusan air yang mengalir deras. Selain itu, sekitar lokasi bangunan masih terdapat penambang pasir yang menggunakan mesin mekanik. Baik itu dibagian hulu maupun bagian hilir bendung gerak.

"Saat ini sudah kita larang, pasca terjadi longsor kita langsung berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk melarang aktifitas penambangan pasir di dekat jembatan," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Percobaan Bunuh Diri di Kaliketek Bojonegoro Berhasil Digagalkan Warga':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO