Kurangi Dampak Global Warming, Korem 083 Bersama Kodim Malang Canangkan Reboisasi

Kurangi Dampak Global Warming, Korem 083 Bersama Kodim Malang Canangkan Reboisasi Dandim Malang saat penanaman pohon.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Bekerja sama dengan Kodim 0818 dan Perhutani Malang, Korem 083/Baladhika Jaya (BDJ) menggelar penanaman pohon massal di Dusun Manting Desa Tawangsari Kec. Pujon Kab. Malang, Sabtu (11/2/17).

Kegiatan ini dibuka oleh Komandan Korem 083/Bdj Kolonel Budi Eko Mulyono. S.Sos., MM. Sementara Komandan Kodim (Dandim) 0818 wilayah Kab. Malang dan Kota Batu Letkol Arm Muridan. S.Si., M.Sc berkesempatan melakukan penanaman pohon secara simbolis.

Baca Juga: 310 Warga Kota Batu Jalani Vaksinasi di Hotel

Selain Kodim dan Perhutani, acara ini juga melibatkan Polres jajaran Polda Jatim yang berada di wilayah koordinasi Korem 083 dan pemerintah daerah. Pohon yang ditanam ditarget sebanyak satu juta pohon.

Untuk awal, penanaman pohon dilakukan di Kota Malang. Namun kegiatan ini akan diteruskan di kota-kota lain. Untuk besok Minggu (12/2/17) di Lumajang kemudian Jember dan beberapa wilayah.

Pencanangan reboisasi ini dilatarbelakangi oleh pemanasan global atau global warming yang terjadi di dunia yang menyebabkan mencairnya es yang berada di Kutub Utara dan Selatan. Hal ini mengakibatkan debit air yang ada di laut meningkat yang berdampak pada berkurangnya dataran yang ada di seluruh dunia.

Baca Juga: Terima Paparan Penanganan Covid-19, Pangdam Suharyanto Apresiasi Jajaran Korem 083/Baladhika Jaya

Menurut Dandim 0818 wilayah Kab. Malang dan Kota Batu Letkol Arm Muridan. S.Si., M.Sc kekeringan juga merupakan berdampak akibat pemanasan global. "Sudah menjadi keharusan dan kewajiban kita bersama untuk menyelamatkan dunia ini. Dan yang lebih kecil adalah menyelamatkan flora fauna yang ada di lingkungan kita dan apa yang kita lakukan hari ini menanam pohon berarti menyelamatkan flora fauna," ujarnya.

Hadir dalam kegiatan pencanangan reboisasi ini Kasrem 083/BDJ, Kapolres Batu, Wakapolres Kab. Malang, Wakapolres Kota Malang, Seluruh Kasiter Korem 083, Wakil Bupati Malang, Danramil jajaran Kodim 0818, BPBD, SATPOL PP, Ormas, Perhutani, kelompok ibu-ibu kader kesehatan, pelajar, serta Dinas Pengairan. (*/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO