Tanggul Kali Porong Bocor, Warga Gempoljoyo Was-was

Tanggul Kali Porong Bocor, Warga Gempoljoyo Was-was Tanggul kali porong di dusun Gempoljoyo kecamatan Gempol yang bocor membuat jalanan tergenang. foto: HABIBIE/ BANGSAONLINE

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Ratusan warga Dusun Gempoljoyo, Desa Gempol Kabupaten Pasuruan yang rumahnya barada di pinggil tanggul sungai Porong mulai was-was. Ini menyusul bocornya tanggul sungai dalam tiga hari terakhir. Titik lokasi bocornya tanggul sungai berada pas di bawah rel kereta api.

Sebelumnya pada saat debit kali porong tinggi, warga sudah siap siaga dengan menyiapkan pompa air yang di pasang di lokasi. Tujuannya adalah untuk menyedot genangan air di bawah rel kereta api untuk selanjutkan di alirkan ke saluran agar tidak menggenani rumah warga.

Baca Juga: Posko Siaga Musim Lebaran BPBD Jatim Berakhir Pukul 24.00 WIB Hari ini

Kepala Desa Gempol Muhamd Chamdi bersama dengan perangkat desa terus melakukan pemantuan di lokasi bocornya tanggul kali porong. Dirinya berharap pihak Pemkab Pasuruan segara melakukan penanganan secepatnya, pasalnya lokasi tersebut dekat dengan pemukiman warga.

“Ada sekitar 400 KK Dusun Gempoljoyo, kalau sampai di tanggul kali porong jebol maka rumah warga akan tenggelam,“ jelasnya.

Ia menambahkan, bahwa masalah ini sudah dilaporkan ke Muspika serta Dinas terkait supaya dilakukan penanganan segera mengingat lokasi kebocoran dekat dengan jalan Kabupaten yang sangat padat kendaraan. Tak sedikit kendaraan yang mogok karena mamaksa melintas di genangan air setinggi 60 cm meter tersebut.

Baca Juga: Banjir Rendam 10 Desa di Kabupaten Pasuruan

Dari pantuan BANGSAONLINE.com di lokasi, jarak antara rumah penduduk dengan tanggul kali porong cukup dekat, hanya dibatasi oleh jalan Kabupaten. Warga menduga bocornya tanggul sungai porong disebabkan oleh getaran kereta api.

“Ada kemungkinan pondasi rel kereta api yang berada di bibir kali porong retak akibat getaran lokomotid kereta,” jelas Chamdi. (psr3/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '6 Hari Terseret Banjir, Petani di Pasuruan Ditemukan Mengapung':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO