Analisa Penyebab Kecelakaan, Satlantas Polres Pacitan Terapkan TAA

Analisa Penyebab Kecelakaan, Satlantas Polres Pacitan Terapkan TAA Sugeng Rusli, Kanit Laka Polres Pacitan.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Antisipasi naiknya angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya, Satuan Lalu Lintas Polres Pacitan menerapkan rumus untuk menganalisa penyebab terjadinya laka-lantas tersebut.‎ Rumus analisis angka kasus laka ini lazim disebut dengan singkatan TAA (technic accident analiyst).

Fungsi TAA adalah untuk menghitung dan mencari tahu sebab-musabab terjadinya kecelakaan.

Baca Juga: Polres Pacitan Ringkus Pengoplos BBM

"Jika ada kecelakaan, kami dapat mencari sebabnya dengan melihat dan menganalisa tempat kejadian laka. Contohnya melalui bentuk kerusakan ranmor, kita dapat menghitung berapa kecepatannya sehingga menimbulkan efek kerusakan dan kejadian yang ada. Tentunya dengan rumus matematis," kata Sugeng Rusli, Kanit Laka-Lantas Polres Pacitan, saat mendampingi Kapolres. AKBP. Suhandana Cakra Wijaya, Senin (20/3).

Menurutnya, belum semua anggota Satlantas dapat dapat menggunakan TAA ini. Selain sulit, materi TAA hanya baru dilatihkan pada sebagian anggota Satlantas.

"Yang ikut pelatihan TAA ini ditunjuk langsung dari Polda. Itu pun masing- masing daerah hanya perwakilan. Kebetulan dari jajaran Polres Pacitan hanya saya yang ditunjuk," jelasnya pada pewarta.

Baca Juga: Kapolda Jatim Pimpin Serah Terima Jabatan Kapolres, Ini Daftar 5 Kapolres yang Dimutasi

Dengan mengetahui penyebab terjadinya kecelakaan, harapannya jajaran satlantas bisa melakukan upaya pencegahan. Sehingga angka laka-lantas di Pacitan bisa ditekan.‎ (pct1/yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO