31 Tahanan Polres Blitar Dititipkan ke Lapas Kelas II B Blitar

31 Tahanan Polres Blitar Dititipkan ke Lapas Kelas II B Blitar Proses pemindahan tahanan Polres Blitar ke Lapas kelas II B Blitar. foto: AKINA/ BANGSAONLINE

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 31 tahanan Polres Blitar dititipkan ke lembaga pemasyarakatan kelas II B Blitar. 28 tahanan diambil dari ruang tahanan Polres Blitar sedangkan 3 sisanya dadi Polsek Garum. Dari 31 tahanan tersebut, 10 merupakan tahanan kasus penyalahgunaan narkoba. Sedangkan sisanya tahanan kasus kriminal umum.

Menggunakan satu mobil tahanan dan dua truk milik Polres Blitar, pemindahan puluhan tahanan ini mendapatkan pengawalan ketat dari Satuan Sabhara Polres Blitar bersenjata lengkap. Mulai dari dikeluarkan dari sel tahanan Polres Blitar, hingga Lapas kelas II B Blitar yang berjarak sekitar 17 kilometer.

Dari pantauan wartawan di lapangan, selain di dalam truk dan mobil tahanan, juga terlihat sepuluh anggota Sabhara Polres Blitar yang menggunakan motor trail membuka jalan untuk rombongan tahanan tersebut.

Kapolres Blitar AKBP Slamet Waloya mengatakan, penitipan puluhan tahanan dilakukan karena akan dilakukan pengecekan dan audit ruang tahanan sesuai dengan arahan Kapolda Jawa Timur. Hal itu dilakukan untuk menghindari adanya kasus tahanan kabur berjamaah seperti yang terjadi di Polres Malang beberapa waktu lalu terulang kembali.

"Sesuai arahan Kapolda Jatim, akan dilakukan audit dan pengecekan ruang tahanan. Jika diketahui ada yang perlu diperbaiki, maka akan segera dilakukan perbaikan. Untuk menghindari berbagai macam kemungkinan yang bisa terjadi," tutur Kapolres Blitar AKBP Slamet Waloya, kepada wartawan, Kamis (20/04).

Menurut AKBP Slamet Waloya, 31 tahanan tersebut bakal dititipkan di Lapas Kelas II B Blitar empat hingga lima hari pasca pemindahan. Selama itu pula proses pengecekan dan audit bakal dilakukan.

"Pengecekan dan audit dilakukan secara menyeluruh, sehingga diperlukan konsentrasi dan fokus agar semua berjalan lancar. Dan nantinya jika sudah dilakukan audit dan pengecekan dan dirasa semua aman, akan langsung kita bawa kembali ke Polres," terangnya.

Selain akan melakukan audit dan pengecekan fisik, kepolisian juga akan melakukan evaluasi personil pengamanan tahanan baik di Polres maupun diseluruh Polsek di wilayahnya. (blt1/tri/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO