Wali Kota Batu: Wujudkan Pemerataan Pembangunan Indonesia dalam Momen Harkitnas

Wali Kota Batu: Wujudkan Pemerataan Pembangunan Indonesia dalam Momen Harkitnas

BATU, BANGSAONLINE.com - Ribuan pelajar, mahasiswa, jajaran Polres, TNI, Satpol PP, Linmas dan (ASN) Aparatur Sipil Negara Kota Batu mengikuti upacara untuk memperingati hari kebangkitan nasional di Stadion Brantas Jl Sultan Agung Kota Batu, Senin (22/5/17). Upacara yang mengambil tema "Pemerataan Pembangunan Indonesia yang Berkeadilan Sebagai Wujud Kebangkitan Nasional" itu dipimpin Wali Kota Batu Eddy Rumpoko.

Turut hadir dalam acara tersebut istri Wali Kota, Dewanti Rumpoko, Kapolres Batu AKBP Leonardus Simarmata, Letkol Arh Supriyono (Poltekad), Kpt Caj Bambang (Mewakili Pabung), mewakili Kejaksaan Kota Batu Teungku Lutansyah (Kasi Intel Kejaksaan Kota Baru), Ketua (PP) Pemuda pancasila, H. Endro Wahyu, Kepala BNN AKBP, Heru Cahyo. W, Dirut PDAM Kota Batu Edy Soleh dan Seluruh Pejabat SKPD Kota Batu.

"Hingga hari ini, semangat kebangkitan kita masih ada. Padahal semangat 109 tahun yang lalu, ditandai dengan berdirinya Boedi oetomo, namun sampai sekarang tetap sangat ampuh menyatukan dan menyemangati gerak kita sebagai bangsa," ujar Wali Kota Batu Eddy Rumpoko dalam amanatnya.

"Pendahulu kita merajut angan keindonesiaan saat itu, infrastruktur transportasi dan komunikasi masih terbatas, Ketika sumber daya insani yang teguh dengan pemikiran keindonesiaan masih dapat dihitung dengan jari, ketika acuan untuk memperkokoh dasar-dasar kesamaan suku bangsa dan adat masih belum mengakar kuat, ketika semuanya itu berada dalam konteks ketakutan akan kekejaman kolonialis yang siaga memberangus setiap pemikian yang memantik hasrat kepas dari belenggu penjajahan," paparnya.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota juga menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo yang meminta pemda melakukan penekanan khusus pada aspek pemerataan dalam samua bidang pembangunan. 

"Bapak Presiden meminta aparat penyelenggara negara bekerja keras menurunkan indeks kesenjangan melalui berbagai langkah yang maju, pemerataan yang berkeadilan sosial," sambung ER, panggilan akrab wali kota.

"Untuk itu, peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun 2017 ini merupakan momen yang tepat untuk segera mewujudkan strategi, kebijakan, dan implementasi dalam pelayanan kita kepada masyarakat dan saudara-saudara sebangsa dan se-Tanah Air," pungkasnya. (an/thu/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO