Anis Baswedan, Khofifah, dan Dahlan Dipastikan Masuk Kabinet Jokowi-JK

Anis Baswedan, Khofifah, dan Dahlan  Dipastikan Masuk Kabinet Jokowi-JK

Jakarta(bangsaonline)Ada tiga tokoh yang tampaknya sudah positif masuk kabinet Jokowi-JK dalam pemerintahan yang baru nanti. Tiga nama itu bagian dari 46 nama tokoh yang pernah diusulkan kelompok musik Slank waktu masa kampanye pilpres.

Jokowi waktu itu menganggap serius usul Slank tersebut. "Nantinya dimasukkan kriteria dulu, ikut fit and proper test," katanya. Beberapa nama yang diajukan slank antara lain Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan, akademikus Anies Baswedan, dan Ketua Umum Muslimat NU Indar Parawansa. "Ada Pak Anies, Pak Dahlan Iskan, dan Ibu ," kata Jokowi.

Pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla memang melibatkan pelbagai pihak dari latar belakang beragam dalam kampanye pemilihan presiden, termasuk musikus. Slank merupakan satu dari banyak musikus yang berperan membantu Jokowi-Kalla dalam proses menuju kursi presiden-wakil presiden. Pada akhir Mei lalu, Jokowi bahkan mengungkapkan adanya 46 nama menteri yang diusulkan Slank.
"Saya sudah cek nama-namanya, memang bagus, kredibel, punya integritas dan punya kompetensi," kata Jokowi setelah membuka Rapat Kerja Nasional Muslimat Nahdatul Ulama di Pondok Gede waktu itu. Jokowi saat itu berjanji akan memeriksa lebih lanjut apakah nama mereka sesuai dengan kriteria yang dia tetapkan atau tidak.
Saat Jokowi berkunjung ke markas grup musik Slank di Jalan Potlot, Duren Tiga, Jakarta, Bimo Setiawan Almachzumi alias Bimbim mengatakan Slank memberikan masukan 46 nama yang layak masuk ke kabinet Jokowi ketika sudah menjadi presiden nanti. "Kami menganggap 46 negarawan ini bersih dan layak bersama Jokowi," kata Bimbim.
Bimbim menolak menyebutkan nama-nama yang diusulkan. Bimbim mengaku memperoleh nama-nama itu setelah melakukan riset melalui media dan mendengar masukan dari penggemar. “Usia tua dan muda tak menjadi masalah.”

Sumber: tempo.co.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO