7.668 Calon Perangkat Desa di Bojonegoro Ikuti Ujian Tulis Serentak

7.668 Calon Perangkat Desa di Bojonegoro Ikuti Ujian Tulis Serentak foto: EKY NURHADI/ BANGSAONLINE

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 7.668 calon perangkat desa di Bojonegoro hari ini, Kamis (26/10), mengikuti ujian tulis serentak. Ribuan peserta itu melaksanakan ujian di masing-masing kecamatan, yang mengambil lokasi di sekolahan SMP maupun SMA setempat.

Proses pelaksanaan ujian itu dikawal ketat oleh aparat kepolisian. Satu lokasi ada sekitar 15 personel gabungan terdiri dari TNI dan polisi yang mengamankan jalannya ujian. Hal itu untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan, salah satunya adalah bocornya soal ujian.

Baca Juga: Disnakkan Bojonegoro Pantau Kesehatan Hewan Kurban

7.668 peserta itu akan memperebutkan jabatan lowongan perangkat desa, mulai Sekretaris Desa, Kepala Dusun, Kaur Pelayanan, Kaur Umum dan Kaur Perencanaan. Ada sebanyak 1.152 jabatan perangkat yang kosong di seluruh Bojonegoro dan akan terisi setelah pengumuman hasil tes ini dilakukan.

"Pengumuman dilakukan langsung setelah lembar jawaban dikoreksi oleh tim," ujar kepala Dinas Kominfo Bojonegoro, Kusnandaka.

Dia mengatakan bahwa masyarakat Bojonegoro juga bisa menyaksikan live report pengkoreksian tes perangkat desa via YouTube di channel "Pemkab Bojonegoro".

Baca Juga: Pj Bupati Bojonegoro Serahkan SK Perpanjangan Jabatan Kades

"Demi transparansi kami berikan live streaming bagi seluruh masyarakat Bojonegoro, sehingga bisa dikawal bersama-sama dan bisa dianggap akuntabel," terangnya.

Sementara itu, pantauan wartawan di salah satu sekolahan di Kecamatan Kanor, tampak para peserta antusias mengikuti ujian perangkat desa ini. Banyak juga peserta yang tegang hingga keluar keringat bercucuran. Hingga waktu pengerjaan yang ditentukan selesai, pelaksanaan ujian di Kecamatan Kanor ini kondusif dan aman. (nur/ros)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO