Hari Pertama Operasi Zebra di Bojonegoro, Petugas Bagikan Stiker ke Pengendara

Hari Pertama Operasi Zebra di Bojonegoro, Petugas Bagikan Stiker ke Pengendara Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S Bintoro memimpin langsung kampanye safety riding kepada pengendara.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) , mulai hari ini Rabu (1/11), menggelar operasi Zebra Semeru 2017. Operasi tersebut untuk lebih meningkatkan pelayanan kepolisian terhadap masyarakat serta mengurangi jumlah angka kecelakaan.

"Sesuai arahan korlantas, operasi Zebra ini 50 persen melakukan penindakan teguran simpatik dan 50 persen penindakan tilang terhadap pengendara yang melanggar," ujar Kapolres Bojonegoro, AKBP Wahyu S Bintoro usai gelar apel pasukan.

Kata dia, penindakan tilang diprioritaskan pada pelanggar yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Misalnya, pengendara yang spionnya tidak lengkap, lampu sain tidak menyala dan pengendara yang tidak memiliki surat izin mengemudi.

Selain untuk mengurangi jumlah laka lantas, operasi Zebra kali ini juga sekaligus persiapan operasi Lilin dan Tahun Baru 2018. Ada sebanyak 80 personil yang diterjunkan pada operasi hari ini. "Juga dibantu beberapa personil dari Dinas Perhubungan dan Satpol-PP," paparnya.

Sementara itu Kasatlantas , AKP Aristianto Budi menambahkan, jika jumlah laka lantas di wilayahnya naik 10% dari tahun 2016 hingga akhir Oktober 2017 kemarin. Rinciannya, selama tahun 2016 ada sebanyak 877 kasus kecelakaan dan korban meninggal dunia sebanyak 106 jiwa.

"Untuk tahun 2017 per bulan Oktober kemarin jumlah laka lantas sebanyak 924 kejadian dengan korban meninggal dunia sebanyak 134 jiwa," terangnya.

Operasi Zebra ini, tambah dia, akan digelar selama 14 hari, mulai hari ini tanggal 1 November hingga 14 November. "Kita sudah memberikan imbauan dan sosialisasi kepada masyarakat baik melalui media massa maupun memasang spanduk di sejumlah titik di kota Bojonegoro," ucapnya menambahkan. (nur/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO