Jaga Silaturahmi, Warga Dusun Ngares ​Jombang Gotong Royong Bangun Masjid Sendiri

Jaga Silaturahmi, Warga Dusun Ngares ​Jombang Gotong Royong Bangun Masjid Sendiri Tampak antusiasme warga yang tumpah ruah dalam membangun masjid utama di Dusun Ngares.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Keheningan pagi yang biasa dirasakan warga Dusun Ngares, Desa Kebondalem, Kecamatan Barengnya, Kabupaten itu mendadak terpecah. Pasalnya, pada Kamis (23/11) pagi itu, warga beramai-ramai melakukan kerja bakti membangun sekaligus merenovasi masjid mereka sendiri.

Masjid Baiturrahman adalah masjid utama warga Dusun Ngares. Masjid tersebut mengalami kerusakan pada bagian atapnya yang terus-menerus diterjang oleh curang hujan yang sangat tinggi belakangan ini. Akibatnya, atap masjid menjadi rapuh dan bocor.

Sekertaris Panitia Pembangunan yang merangkap sekaligus sebagai Pengurus Harian Masjid Baiturrahman, Fathurrahman menjelaskan, dalam pembangunan tempat ibadah itu tujuannya tidak hanya untuk kenyamanan masyarakat saat beribadah saja. "Tapi juga untuk mempertahankan kekeluargaan masyarakat sendiri dengan bergotong-royong semua jadi saling bertegur sapa,” ujarnya saat dimintai komentar.

Faturrahman mengaku, pembangunan masjid tersebut dilakukan murni dari swadaya masyarakat sendiri. Swadaya masyarakat terkumpul dari beberapa sumber, mulai dari infak harian dan mingguan yang diperoleh dari masjid, donasi dari para sukarelawan serta iuran dari setiap rumah yang ada di Dusun Ngares. "Iuran atau penggalangan dana yang dilakukan oleh panitia pembangunan masjid memperoleh uang sebesar Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu tiap kepala rumah," jelasnya.

Para warga, lanjutnya, juga memberikan donasi dalam bentuk material-material bangunan berupa semen, pasir, batu, dan makanan.

Ia menambahkan, seluruh warga berperan dalam membangun dan merenovasi masjid tersebut. Tidak hanya bapak-bapak saja, pemuda-pemuda karang taruna juga ikut bergotong-royong.

Sementara itu, Ketua Panitia Pembangunan Muh. Yasin (60) mengatakan, setelah pembangunan masjid itu selesai ia Inginnya melanjutkannya dengan pembangunan tiga kubah besar.

Perlu diketahui, kerja bakti pembangunan sekaligus renovasi masjid itu dilakukan selama dua hari berturut-turut terhitung mulai kemarin (Kamis, 23/11) hingga hari ini (Jumat, 24/11). Dan kemudian dilanjutkan oleh tukang bangunan.

Antusiasme masyarakat yang besar serta dukungan-dukungan dari para donatur dan sukarelawan setempat membuat pengerjaan masjid utama di Dusun Ngares itu menjadi tontonan bagi para ibu-ibu. Karena mereka melihat suasana masjid yang lain dari biasanya, begitu meluap akibat banyaknya warga yang sedang bekerja membangun masjid. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Video Vanessa Angel dan Suami Kecelakaan di Tol Jombang, Anak Selamat':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO