Bupati Malang Apresiasi Desa Tertib Pajak

Bupati Malang Apresiasi Desa Tertib Pajak

MALANG, BANGSAONLINE.com - Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kepanjen & Singosari Kabupaten Malang menggelar peringatan Hari Anti Korupsi Internasional (HAKI) dan Penghargaan Pembayaran Pajak Negara atas Penggunaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) di Ballroom Hotel Savana Kota Malang, Senin (11/12).

Bupati Malang, Dr. H. Rendra Kresna Membuka membuka secara resmi acara yang dihadiri Kepala Kanwil DJP Jawa Timur III, Dr. Ir. Rudi Gunawan Bestari tersebut. Acara yang dikemas dalam Seminar Edukasi Peraturan Pemerintah nomor 34 Tahun 2016 itu juga dihadir Kepala OPD terkait serta seluruh camat dan perangkatnya hingga tingkat desa.

Dalam kesempatan itu, Bupati mengapresiasi penyetoran pajak DD dan ADD oleh para kepala desa hingga mendapatkan penghargaan. Menurutnya, sumber pendapatan dari APBN berasal dari pajak, sedang APBDes dananya dari APBN dan APBD. "Oleh karenanya pajak harus kita dukung agar sukses transfer pusat kepada daerah yang sebagian besar juga didukung dari pajak," imbau Bupati.

"Ajak masyarakat untuk sadar pajak termasuk penyelenggara pemerintahnya dengan melakukan tugas tertentu sebagai wajib pungut. Ikuti jika ada sosialisasi atau pelatihan mengenai perpajakan karena transaksi apapun harus segera disetorkan pajaknya," imbuhnya.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Timur III menjelaskan bahwa per jumat kemarin KPP Pratama Kepanjen penerimanya sudah 100% dan KPP Singosari 85% total persentasenya 98,7% dan secara nominal mencapai 16 Milyar lebih yang pajaknya sudah dibayarkan. "Saya mewakili Kantor Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Wilayah Jawa Timur mengucapkan terima kasih kepada Bupati Malang dan seluruh perangkatnya karena tanpa bimbingan beliau, saya rasa mustahil bisa mewujudkan ini semua," ungkap Rudy.

Dalam kesempatan tersebut, juga diberikan apresiasi kepada bendahara desa atas kontribusinya mengelola pembayaran pajak DD/ADD. Bendahara Desa menjadi penyumbang terbesar kedua penerimaan pajak setelah industri rokok.

Adapun enam desa yang mendapatkan apresiasi tersebut di antaranya Desa Srimulyo dan Desa Pamotan dari Kecamatan Dampit, Desa Clumprit Kecamatan Pagelaran, Desa Ngroto Kecamatan Pujon, Desa Klampok Kecamatan Singosari dan Desa Gubugklakah Kecamatan Poncokusumo.

Bupati pun menyerahkan bunga secara simbolis kepada perangkat desa tertib pajak yang dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata dari Kakanwil DJP Jawa Timur kepada Rendra Kresna. (thu/rev) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO