Khitan Masal Gratis di Masjid Tiban Nurul Huda, Peserta Banyak Yang Nangis

Khitan Masal Gratis di Masjid Tiban Nurul Huda, Peserta Banyak Yang Nangis Salah satu peserta saat dikhitan. foto: SOFFAN/ BANGSAONLINE

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Untuk memperingati hari Maulid Nabi Muhammad SAW, sebanyak 120 anak mengikuti acara khitan masal di Masjid Tiban Nurul Huda Dusun Daleman, Desa Sooko, Kabupaten , Minggu (17/12/2017). Selain khitan gratis, para peserta juga diberikan baju koko, songkok, sarung, dan uang saku.

Lokasi khitan, oleh pihak panitia sengaja ditempatkan di teras samping masjid yang dikelilingi kain penutup warna hijau. Di dalamnya berisi belasan meja dan alat operasi. Selanjutnya sesuai nomer urut, sekitar sepuluh anak yang dipanggil langsung masuk dan berbaring di meja operasi.

Untuk memberi dukungan kepada para peserta, wali khitan sengaja diminta untuk mendampingi.

Yang menarik dalam kegiatan ini, saat kita melihat ekspresi anak peserta khitan ketika tim medis dari rumah sakit Gatoel Kota melakukan operasi kecil (khitan). Untuk menahan sakit, tingkah mereka pun cukup menggelitik, ada yang menutup kepala dengan songkok sembari merintih, ada yang sampai menangis dengan kencang, hingga bermain handphone.

Usai dikhitan, peserta kemudian digendong oleh pihak panitia dan dibawa ke ruang istirahat yang berada di dalam masjid. Di lokasi ini peserta disediakan karpet yang digelar memanjang dan diberi bantal satu per satu. Untuk mengamankan bekas luka operasi dari gesekan, sebelum beristirahat, di daerah luka diberi pengaman dari potongan gelas plastik (gelas air mineral).

Ketua panitia H Sofiul Fuad, S.sos menjelaskan jika kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tiap tahun ta'mir Masjid Tiban Nurul Huda. "Sudah kita lakukan sejak 51 tahun yang lalu, pesertanya dari seluruh kecamatan di , Jombang, Pasuruan dan Jakarta," terangnya.

Pihaknya berharap kepada para peserta semoga dapat berbakti kepada orang tua, bangsa dan agama. (sof/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pandemi, Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto Ajak Anggotanya Peduli Sesama':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO