Peningkatan Baru Dilakukan Tahun Depan, Jalan Ambles Pacitan-Ponorogo Diperbaiki Sementara

Peningkatan Baru Dilakukan Tahun Depan, Jalan Ambles Pacitan-Ponorogo Diperbaiki Sementara Proses penanganan tanggap darurat di Km 260 yang baru sebatas pengurukan dan pemasangan bronjong.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Sejumlah titik longsor di sepanjang jalur Pacitan-Ponorogo sejauh ini masih dalam proses rehabilitasi skala kecil. Misalnya di km 254 Desa Kedungbendo dan km 258 serta 260 Desa Gegeran, Kecamatan Arjosari. Hingga saat ini penanganan jalan tersebut baru sebatas tanggap darurat agar tetap bisa dilewati.

Mukhori, PPK tanggap darurat Dinas PU Bina Marga Pemprov Jatim menerangkan penanganan titik longsor sementara sebatas tanggap darurat.

"Yang jelas, jalur tersebut bagaimana caranya agar tidak putus. Sebab kalau tak segera ditangani, akan putus tentunya. Langkah ini yang sementara waktu bisa kami lakukan di sejumlah titik tersebut. Seperti pengurukan serta pemasangan bronjong di km 260," katanya, Jumat (29/12).

Mukhori mengakui untuk sementara waktu memang belum bisa menangani jalan tersebut hingga benar-benar layak. Sebab, itu masuk pada kegiatan peningkatan yang memerlukan proses perencanaan, baik dari sisi teknis maupun perencanaan anggarannya. Termasuk kewenangan pelaksanaannya ada di level unit pelaksana teknis (UPT).

"Insya Allah tahun anggaran depan nanti kegiatan peningkatan sudah bisa dilaksanakan," jelas Mukhori yang saat itu tengah berada di Pacitan.

Sementara itu, Budi Hari Santoso kasie pembangunan jalan dan jembatan (PJJ) Dinas PU dan Bina Marga Pemprov Jatim membenarkan jika kegiatan peningkatan jalan tersebut baru bisa dilaksanakan pada tahun anggaran 2018. Termasuk relokasi jalan ambles di km 228 Dusun Dondong, Desa Gemaharjo, yang saat ini baru sebatas pembukaan jalur baru berbentuk lingkar parabola.

"Ke depan jalur tersebut juga akan kita tingkatkan dengan pengaspalan," tandasnya. (yun/rd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO