Rawan Jebol, Warga Kanor dan Baureno Kerja Bakti Tinggikan Tanggul Kali Ingas

Rawan Jebol, Warga Kanor dan Baureno Kerja Bakti Tinggikan Tanggul Kali Ingas

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Ratusan warga desa Kedungprimpen, Kecamatan Kanor, serta masyarakat Desa Pucangarum, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, gotong-royong melakukan kerja bakti peninggian tanggul kali apur ingas, Sabtu sore (6/1/18).

Kerja bakti itu untuk mengantisipasi meluapnya air sungai ke sawah warga yang kini sedang hampir panen. Tanaman padi milik beberapa desa di Kecamatan Baureno dan Kanor seminggu lagi ini bakal panen, sehingga jika kebanjiran maka para petani dipastikan gagal panen.

"Sejak pagi para warga sudah kami kerahkan untuk kerja bakti, mengingat air sungai terus mengalami kenaikan," kata Sanawi kepala desa Pucangarum, Kecamatan Baureno.

Sanawi dan ratusan warganya berusaha menyelamatkan tanaman padi dengan cara meninggikan tanggul kali apur ingas yang mengalami ambles dan longsor sejak semalam. "Ada empat titik tanggul yang ambles, jika air terus naik tentu sangat membahayakan," paparnya.

Kali apur ingas merupakan anak Sungai Bengawan Solo, sehingga saat Sungai Bengawan Solo naik kali apur ikut mengalami kenaikan.

Sementara kondisi ketinggian air di Sungai Bengawan Solo di wilayah Bojonegoro pada pukul 15.00 WIB berada dititik 13.65 peilschaal atau siaga I dengan tren air naik. Air dipastikan akan terus naik karena mendapat kiriman dari wilayah hulu. (nur/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO