Jelang Cuti Pilwali, ​Wali Kota Malang Resmikan Kampung Keramat di Klojen

Jelang Cuti Pilwali, ​Wali Kota Malang Resmikan Kampung Keramat di Klojen Tampak dari luar pintu masuk kampung keramat, untuk bisa menuju Kampung Keramat Kasin Klojen Kota Malang, diresmikan Wali Kota Malang HM. Anton, Selasa (13/2). Foto: ist

MALANG, BANGSAONLINE.com - Kehadiran Kampung Keramat di Kelurahan Kasin, Kecamatan Klojen, Kota Malang semakin menambah perbendaharaan kampung tematik dari Kota Malang. Sebelumnya, sudah ada kampung Warna Warni, kampung 3D, kampung Arema, kampung Go Green dan banyak lagi kampung identik lainnya.

Kesekian kalinya Wali Kota Malang HM. Anton meresmikan kampung tematik bernama kampung Keramat (makam) menjadi ikon wisata religi, di Kota Malang, Selasa (13/2). 

"Makam yang cukup luas tersebut, terdapat dua makam ulama besar yakni Habib Abdul Qodir bin Ahmad Bilfaqih serta putranya Habib Abdullah bin Abdul Qodir Bilfaqih, pendiri sekaligus pengasuh Ponpes Darul Hadits Malang, puluhan tahun yang lalu," katanya.

Menurut Abah Anton, sapaan Wali Kota Malang, ada keunikan tersendiri pada kampung tematik satu ini dibanding kampung tematik lainnya. Di mana perkampungan ini, berada di tengah kawasan pemakaman luas, sehingga memberikan nuansa yang khas.

"Dorongan spiritualitas yang kuat, memetik satu pelajaran perjalanan hidup manusia menuju alam yang lebih kekal. Kampung Kramat sendiri merupakan hasil dari festival mural yang mengusung tema Kematian yang Menghidupi," ujarnya.

Keunikan lainnya, menurut Anton, para pengunjung mesti melewati makam terlebih dahulu, sebelum menikmati wisatanya. Ia berharap hadirnya kampung tematik ini bisa mendongkrak perekonomian masyarakat sekitarnya.

Anton juga berpesan kepada komunitas pemuda kreatif yang tergabung di Malang Creative Fusion (MCF) bisa istiqomah memperkenalkan destinasi wisata religi unik ini. "Dengan banyaknya keunikan yang diciptakan di Kota Malang lewat inisiasi kampung tematik, insya Allah Kota Malang bisa maju pesat dengan sendirinya," pungkasnya. (iwa/thu/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO