Di Pacitan, Khofifah Blusukan ke Pasar Bandar dan Sambangi UKM Jamu Herbal Empon-Empon

Di Pacitan, Khofifah Blusukan ke Pasar Bandar dan Sambangi UKM Jamu Herbal Empon-Empon Khofifah Indar Parawansa saat berbaur dengan pedagang dan UKM pembuat jamu.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Jelang lebaran, Cagub Jatim nomor urut 1 Indar Parawansa mengunjungi sejumlah tempat di Pacitan. Kedatangan mantan Mensos RI itu bersama sejumlah politikus dari partai pengusung, baik Partai Demokrat maupun Partai Golkar.

Titik pertama kunjungan yaitu di pasar tradisional Kecamatan Bandar. menyempatkan diri berkeliling dan menyapa semua masyarakat. Hampir semua lapak yang disinggahinya seakan panen rezeki. Sebab hampir semua dagangan diborong Ketua Muslimat NU tersebut. Mulai dari buah-buahan, sayuran, cendol, hingga jajanan pelengkap hidangan Idul Fitri.

Ada pemandangan menarik saat singgah di salah satu lapak penjual tempe yang dibungkus dengan debog (pelepah pisang).

"Ini menarik, pasti enak. Bungkusnya dari debog pisang dan panjang. Coba kalau perajin tempe tradisional seperti ini terus berkreasi dengan mencoba tempe diberi berbagai rasa, mungkin juga akan lebih menarik lagi," ujar kepada penjual tempe, Selasa (12/06).

Setelah cukup menyapa masyarakat di pasar, titik kedua kunjungan yakni di Desa Tahunan, Kecamatan Tegalombo. bertemu dengan sekelompok ibu-ibu usaha kecil menengah (UKM) perajin jamu herbal dari empon-empon. merasa asik saat bersama ibu-ibu tersebut. Bahkan ia mencoba mempraktekkan cara membuat bubuk jamu dari jahe gajah.

"Cukup menarik di sini jika dibuat sebagai desa sentra jamu empon- empon. Semua bahan baku dari kebun ada di sini, dan ibu- ibu bisa membuat bubuk jamunya," jelas .

Menurut agenda, kunjungan cagub Jatim nomor satu tersebut selain di pasar Bandar dan Desa Tahunan, direncanakan juga akan mampir ke pabrik triplek di Desa Gegeran dan ditutup dengan acara buka bersama di Desa Arjosari. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO