Koarmada II akan Gelar Latihan Search and Rescue di Laut

Koarmada II akan Gelar Latihan Search and Rescue di Laut

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., menerima Paparan RGB Latihan SAR di Laut TA 2018 yang disampaikan oleh Komandan Satuan Kapal Cepat (Dansatkat) Kolonel Laut (P) Wawan Trisatya Atmaja, S.E., bertempat di Ruang Rapat Pangarmada II Ujung , Surabaya, Rabu (27/06/2018).

Di hadapan Pangkoarmada II, Dansatkat selaku Perwira Pelaksana Latihan menjelaskan tentang garis besar latihan pencarian dan pertolongan (Search and Rescue/SAR) di laut yang rencananya berlangsung pada Agustus mendatang di perairan Laut Jawa. Kegiatan Search and Rescue merupakan salah satu tugas pokok TNI dalam Operasi Militeri Selain Perang (OMSP).

Baca Juga: Targetkan Capai 70 Persen, Pangkoarmada II Gelar Serbuan Vaksin di Ngawi 30 Ribu Dosis

Latihan Search and Rescue/SAR sengaja digelar oleh guna menguji kesiapan dan keampuan baik prajurit maupun unsur-unsur KRI dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas pokok TNI dalam hal ini TNI Angkatan Laut.

Berbeda dari latihan-latihan SAR yang sebelumnya telah digelar oleh , pada latihan kali ini TNI Angkatan Laut akan melibatkan unsur Pesawat Udara (Pesud) dalam pelaksanaan latihan. Keterlibatan Pesud dianggap sangat vital, untuk meningkatkan kemampuan SAR di laut.

Menanggapi rencana garis besar yang disampaikan oleh Perwira Pelaksana Latihan, Pangkoarmada II menyampaikan pada latihan kali ini juga harus melibatkan instansi samping antara lain Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Perak Surabaya, Kantor SAR Surabaya serta unsur-unsur maritim lainnya.

Baca Juga: 3.000 Warga Blitar Mendapatkan Telur Gratis Usai Mengikuti Vaksinasi

Lebih lanjut Pangkoarmada II juga menyampaikan latihan SAR di laut yang digelar oleh ini hendaknya dilaksanakan di perairan selat Madura.

"Hal ini bertujuan agar masyarakat Surabaya dan sekitarnya dapat melihat secara langsung berlangsungnya latihan SAR tersebut, selain informasi dari para awak media yang rencananya juga akan diundang pada pelaksanaan tersebut," ujarnya.

Latihan SAR di laut nantinya akan terbagi menjadi 4 metode antara lain metode diskusi, metode latihan kering, gladi posko, serta gladi lapangan dengan sifat latihan satu pihak dikendalikan. Selain prajurit dan unsur-unsur KRI serta Pesud, latihan ini juga melibatkan 1 unit Sea Rider milik Satkopaska , 2 unit perahu karet Dislambair , 4 unit ambulans TNI Angkatan Laut.

Baca Juga: Tinjau Vaksinasi Maritim, Bupati Gus Muhdlor Optimistis Empat Hari Lagi Sidoarjo Level 1

Hadir dalam acara tersebut, Kaskoarmada II Laksma TNI I.N.G. Sudihartawan, S.Pi., M.M., Danguspurla Kolonel Laut (P) Erwin S. Aldedharma, S.E., M.M., M.Sc., Danguskamla Kolonel Laut (P) Kisdiyanto, Irkoarmada II Kolonel Laut (T) Amrein, Para Asisten Pangkoarmada II, para Sahli Pangkoarmada II, serta segenap Kasatker . (*)

Sumber: Dispen Koarmada II

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '​Koarmada II Gelar Vaksinasi Massal 20 ribu Dosis di Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO