Satsel Koarmada II Juarai Latihan Jungle and Sea Survival Prajurit KRI Koarmada TA 2018

Satsel Koarmada II Juarai Latihan Jungle and Sea Survival Prajurit KRI Koarmada TA 2018

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Komandan Gugus Keamanan Laut (Danguskamla) Laksamana Pertama TNI Kisdiyanto dalam rangka evaluasi dan kaji ulang Latihan Jungle and Sea Survival mengumumkan hasil nilai latihan yang diikuti 10 Tim dari perwakilan Satuan Kapal jajaran . Pengumuman ini disampaikan di Gedung Mandalika Kolatkoarmada II, Ujung Surabaya, Selasa (24/07/2018).

Usai latihan yang berlangsung sejak tanggal 9 s.d. 24 Juli 2018 oleh sebanyak 184 personel tersebut, Laksma TNI Kisdiyanto mengucapkan terima kasih kepada para prajurit yang telah berhasil melaksanakan latihan dengan selamat dan aman melalui rintangan baik tahap sea survival maupun jungle survival.

Baca Juga: Targetkan Capai 70 Persen, Pangkoarmada II Gelar Serbuan Vaksin di Ngawi 30 Ribu Dosis

“Salah satu keberhasilan dalam survival yaitu bagaimana menanamkan atau menumbuhkan semangat mencapai tujuan latihan, yaitu untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan awak KRI dalam melaksanakan survival di laut dan di darat maupun pada kondisi cuaca yang ekstrem. Sedangkan sasaran latihan ini adalah tercapainya kemampuan dan keterampilan Prajurit KRI dalam melaksanakan survival di laut dan darat, memberikan pemahaman tentang teknik, dan prosedur penggunaan alat keselamatan bagi Prajurit KRI ,” tegas Kisdiyanto yang saat ini juga menjabat Komandan Komando Latihan (Dankolat) .

Selain itu, latihan ini juga akan membentuk pola pikir dan pola tindak yang sama bagi seluruh peserta dalam melaksanakan latihan survival di laut dan di darat/hutan sekalipun menghadapi kondisi cuaca yang ekstrim, serta teruji dan terlaksananya evaluasi buku-buku petunjuk tentang survival di lingkungan TNI Angkatan Laut sesuai dengan perkembangan teknologi.

Sebagai bahan masukan, perwakilan peserta menyampaikan saran yaitu, agar pelatihan tidak dilombakan karena latihan ini merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki seluruh Prajurit yang berdinas di KRI. "Waktu terlalu terbatas sedangkan medan latihan cukup luas antara sea and jungle survival," paparnya.

Baca Juga: 3.000 Warga Blitar Mendapatkan Telur Gratis Usai Mengikuti Vaksinasi

Dari sepuluh tim peserta latihan sea and jungle survival, dari hasil penilaian tim penilai Kolatkoarmada II, yaitu tim dengan nilai terbaik adalah Satsel -B dengan nilai 78,05. Selanjutnya juara II dengan nilai 77,26 adalah Satfib , Sedangkan juara III Satban -A dengan nilai 77,01. (*/red)

Sumber: Dispen Koarmada II

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '​Koarmada II Gelar Vaksinasi Massal 20 ribu Dosis di Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO