​ Terpilih Lagi Jadi Ketum, Mega: Apakah Aku Akan Diberikan Usia Panjang

​  Terpilih Lagi Jadi Ketum, Mega: Apakah Aku Akan Diberikan Usia Panjang Megawati Soekarnoputeri memukul gong dalam Rakernas PDIP di Semarang. Foto: tempo.co.id


SEMARANG(BangsaOnline) Kesediaan Megawati Soekarnoputri untuk dimajukan lagi menjadi ketua umum PDI Perjuangan 2015-2020 diwarnai momen-momen mengharukan. Salah satunya refleksi Megawati soal usianya yang akan mencapai 72 tahun pada 2020.

"Apakah aku akan diberikan usia panjang. Bung Karno wafat 69 tahun, Pak Taufiq 70 tahun. Sekarang aku 67 tahun. Maka dalam 5 tahun, 67 tambah 5 kan, kalau saya jadi, maka umur saya 72 tahun. Apakah masih diizinkan oleh Allah SWT?" kata Megawati yang disambut teriakan 'masih' oleh 1.500an kader .

Hal itu disampaikan Megawati di arena Rakernas IV , Marina Convention Center, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (20/9).

Setelah menyampaikan refleksi tersebut, Megawati akhirnya menerima aspirasi dari pengurus daerah untuk menjadi ketua umum kembali.

"Dengan mengucapkan bismillah, saya sebagai ketua umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menerima untuk menjadi ketua umum," kata Megawati disambut tepuk tangan.

Menurut Megawati, aspirasi di Rakernas IV dari DPP, DPD dan DPC partai sebenarnya sudah memenuhi kuorum seperti di Kongres.

"Maka dengan demikian, di dalam kongres partai nanti, tetap akan dilakukan hal yang ada di AD/ART kita. Hanya saya sendiri yang akan sampaikan di kongres, hasil rakernas IV, mengenai pemilihan ketua umum yang pada waktu sekarang ini telah dilakukan secara aklamasi dengan kehadiran seluruh peserta rakernas," ujarnya.

Setelah itu, kata Megawati, tentu pemilihan ketua umum di Kongres 2015 ditiadakan. "Kongres IV hanya akan melakukan program tahunan kita 5 tahunan ke depan," ujarnya.

Sebelumnya, Mega mengungkapkan alasan utama dia siap menjadi ketua umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan () lagi adalah demi membantu Presiden ke-7 Joko Widodo (). Megawati mengakui usulan itu juga datang dari .

"Enggak tau ya ini () tiba-tiba inspirasinya apa sehingga memang saya kaget juga. Kebetulan saya lagi makan salak hampir saja ketelan bijinya," kata Megawati kepada wartawan di arena Rakernas IV , Marina Convention Center, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (20/9).

Setelah mendapat usulan dari tersebut, Megawati mengakui memikirkan sejumlah pertimbangan sampai akhirnya pada keputusan siap menjadi ketua umum untuk periode 2015-2020.

"Karena memang banyak faktor yang harus dipikirkan karena mereka mungkin sudah sangat mengerti karena kami sebagai sebuah keluarga besar di partai ini. Mungkin itu tadi yang saya katakan, sebuah partai yang unik, ya begitulah PDI Perjuangan," kata Megawati.

Dalam periode pemerintahan -JK ke depan, Megawati melihat membutuhkan ketua umum yang tidak hanya mengerti soal kepartaian, tetapi juga pemerintahan.

"Membutuhkan seorang ketum mengerti baik sebagai ketua organisasi sebuah partai, dan saya kan juga pernah jadi presiden satu kali, sehingga ini bisa bersinergi bagaimana cara untuk dalam lima tahun ini bisa membuat banyak kemajuan di Indonesia," ujar Megawati.

Sumber: merdeka.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Kembalikan Formulir Bacabup ke PDIP Situbondo, Rio Patennang Berharap Wakilnya dari PDIP':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO