Sedekah Laut dan Festival Nelayan Berlangsung Meriah, Sekda Suko Wiyono Apresiasi HNSI Pacitan

Sedekah Laut dan Festival Nelayan Berlangsung Meriah, Sekda Suko Wiyono Apresiasi HNSI Pacitan Suasana di lokasi ritual sedekah laut.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Kegiatan sedekah laut yang diselenggarakan oleh Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI), Sabtu (31/8) kemarin, berlangsung lancar dan sukses. Ribuan orang tumpah ruah memadati lokasi pelaksanaan ritual tersebut. Para pejabat di lingkup Pemkab Pacitan dan jajaran forkopimda turut hadir memeriahkan acara.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pacitan Suko Wiyono, mengapresiasi HNSI atas terselenggaranya kegiatan yang digelar dalam memperingati pergantian tahun baru Islam 1.441 H tersebut. Menurutnya sejak dipimpin Damhudi, HNSI Pacitan semakin maju dan berkembang dengan banyaknya inovasi kegiatan.

"Agenda HNSI kali ini kalau dinilai memang paling bagus. Hampir setiap tahun saya diundang, namun tahun ini semua kegiatannya memang sangat luar biasa. Tidak mudah mengumpulkan masyarakat sebanyak ini," kata Suko Wiyono saat membuka kegiatan bakar ikan gratis yang melibatkan hampir 1.000 orang lebih di halaman UPT Pelabuhan Perikanan Pantai, Pantai Tamperan, Sabtu (31/8) malam.

Ia menyontohkan kegiatan bakar ikan gratis kemarin (31/8) malam, yang juga didatangi ribuan masyarakat. "Tradisi seperti ini memang tidak mudah dipertahankan. Semoga tahun depan akan lebih bagus lagi," harapnya.

Sementara itu, Ketua HNSI Pacitan Damhudi berharap kegiatan ini dapat membuat para nelayan semakin guyub dan bersatu. "Nelayan tak bisa disepelekan. Peredaran moneter di pelabuhan Pacitan bisa mencapai miliaran rupiah dan melibatkan ribuan orang," tuturnya.

Ia juga berharap dengan diselenggarakannya festival nelayan, semarak malam pergantian tahun Islam di Pacitan akan kembali meriah seperti zaman dulu. "Dengan festival nelayan, semua masyarakat Pacitan akan bangkit. Ini akan bisa menjadi spirit. Bangkit menjadi nelayan yang unggul dan tangguh," tandasnya. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO