Sungai Sumput Sidoarjo Jadi Sungai Salju, Permukaan Dipenuhi Busa Putih

Sungai Sumput Sidoarjo Jadi Sungai Salju, Permukaan Dipenuhi Busa Putih Kondisi sungai yang dipenuhi busa setelah dam air. Panjang busa putih ini mencapai satu kilometer.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Sungai di Desa Sumput Kecamatan Kota , dipenuhi busa berwarna putih setinggi sekitar 50 Cm, dengan panjang sekitar 1 kilometer. Sontak kondisi ini membuat heboh warga sekitar sungai, Sabtu (18/1).

Busa berwarna putih seperti salju itu menutup permukaan sungai mulai dari Dum Sumput hingga kurang lebih 1 kilometer. Fenomena ini merupakan kali pertama terjadi di sungai itu. Banyak warga yang keheranan melihat fenomena tersebut.

Gatot (57), warga setempat, menceritakan, busa itu mulai muncul sejak Jumat (17/1/2020) dini hari. Keberadaan busa yang memenuhi sungai ini membuat warga merasa dirugikan. Karena sungai ini lokasi wisata lokal warga setempat.

"Kalau muncul nya sudah dua hari ini. Keberadaan busa putih sangat mengganggu aktivitas warga yang kebiasaannya melakukan mancing di sungai," cetus Gatot, Sabtu (18/1).

Warga berharap ada perhatian dari pemerintah setempat tentang peristiwa itu. Pasalnya, warga khawatir ikan-ikan yang disungai mati. Karena lokasi sungai ini merupakan tempat pemancingan warga sekitar bantaran sungai Sumput.

"Kami sudah sering mengingatkan, kalau ada yang pakai setrum untuk mencari ikan saja kami larang, ini sungainya malah dipenuhi salju palsu," terang gatot.

Sementara itu Plt Bupati , Nur Achmad Saifuddin yang akrab dipanggil Cak Nur memerintahkan DLHK untuk memeriksa sampel air, untuk memastikan apakah ada pencemaran atau tidak.

"Kami sudah kordinasi dan memerintahkan pihak DLHK untuk melakukan pemeriksaan air di sungai yang dipenuhi busa tersebut. Kalau itu nantinya ada pelanggaran harus dilakukan penindakan," pungkas Cak Nur. (cat/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO