Menlu: Apa yang Dilakukan Penyandra Tak Berhubungan dengan Islam

Menlu: Apa yang Dilakukan Penyandra Tak Berhubungan dengan Islam WNI illridewithyou. ©2014 Merdeka.com

Penyanderaan yang dilakukan di kafe Lindt, kawasan Martin Place, Kota , Australia menyeret-nyeret nama baik umat Islam lantaran pelaku menyuruh pegawai serta pelanggan kafe tersebut memerintahkan sanderanya mengibarkan bendera hitam dengan tulisan Arab. Hal ini semakin mencoreng nama muslim di mata dunia.

Menteri Luar Negeri Retno L. Marsudi meminta Konsulat Jendral Republik Indonesia (KJRI) untuk menghimbau dan berkomunikasi dengan komunitas muslim Indonesia di .

"KJRI langsung melakukan komunikasi dengan komunitas muslim di dan saya kira kita perlu mempertegas bahwa apa yang dilakukan oleh penyandera sama sekali tidak berhubungan dengan umat muslim," ujar Menlu Retno di Gedung Pancasila, Selasa (16/12).

Menurut Retno, WNI di tidak perlu khawatir karena KJRI dan Kedutaan Besar Indonesia di mengatakan akan melindungi sebaik-baiknya warga yang ada di daerah tersebut.

Sementara warga Australia menggalang dukungan bagi muslimah di negeri itu setelah terjadi peristiwa penyanderaan di Kafe Lindt, Kota , kemarin. Mereka ramai-ramai mendukung tagar (tanda pagar) #illridewithyou di media sosial Twitter supaya warga muslim tidak merasa takut akan diteror ketika berada di luar rumah.

Penyanderaan yang berlangsung selama 16 jam itu diakhiri dengan tewasnya pelaku dan dua sandera tadi malam waktu setempat.

Seorang perempuan Australia bernama Rachel Jacobs memulai kampanye #illridewithyou yang menjadi topik paling banyak diperbincangkan nomor dua di Twitter kemarin, seperti dilansir majalah TIME, Selasa (16/12).

Rachel menuturkan kisahnya bagaimana dia memulai kampanye #illridewithyou itu.

"Kakak saya bekerja di dan kantor suami saya dekat dengan Martin Place, tempat penyanderaan itu. Saya tahu mereka berdua baik-baik saja," kata dia.

Saat itu Rachel sedang berada di dalam gerbong kereta di Kota Brisbane, Australia. Tak jauh dari tempat dia duduk dia melihat seorang perempuan berjilbab pelan-pelan melepaskan peniti di kerudungnya.

Sumber: merdeka.com

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO