Pakai Anggaran Lama, Pilkades Serentak Sidoarjo Dijadwalkan Awal September 2020

Pakai Anggaran Lama, Pilkades Serentak Sidoarjo Dijadwalkan Awal September 2020 TENTUKAN JADWAL: Rapat koordinasi membahas Pilkades Serentak Sidoarjo, di Pendapa Delta Wibawa, Kamis (2/7). foto ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Para calon kepala desa (Cakades) di Sidoarjo bakal bernapas lega. Kini mulai ada titik terang pelaksanaan Pilkades Serentak. Meski belum diputuskan secara resmi, rencananya, pesta demokrasi tingkat desa ini bakal digelar awal September, tepatnya 6 September 2020.

Diketahui, Pilkades Serentak yang semula dijadwalkan pada 19 April 2020 lalu, terpaksa ditunda akibat wabah Covid-19. Pilkades Serentak ini bakal digelar di 174 desa. Kala itu, beberapa tahapan pilkades sudah berjalan, termasuk telah menetapkan Cakades.

Opsi menggelar Pilkades Serentak 2020 pada 6 September 2020 telah dibahas dalam forum rapat antara Pemkab, DPRD, anggota Forkompimda, dan Forum Komunikasi Kepala Desa (FKKD) Sidoarjo, di Pendapa Delta Wibawa, Kamis (2/7) sore.

"Keputusan terkait tanggal sudah ditentukan. Tinggal rekomendasi dari Forkopimda, Dinas Kesehatan dan Pak Wabup," cetus Ketua Komisi A DPRD Sidoarjo, Subandi, yang mengikuti rapat bersama Ketua DPRD Sidoarjo Usman.

Politikus PKB ini menyebut, opsi tanggal sudah ada, yakni 6 September 2020. Namun rencana hari H pelaksanaan Pilkades Serentak itu masih akan dirapatkan lagi Kapolres, Dandim, dan Kajari. "Setelah rapat tersebut, akan dikirim surat ke Mendagri, yang intinya Sidoarjo telah siap melaksanakan Pilkades Serentak," beber Subandi.

Dengan usulan hari H tersebut, rencana menambah Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menghindari kerumunan massa karena masih terjadi pandemi Covid-19, dibatalkan. Rencana menambah TPS inilah yang menjadi persoalan karena butuh tambahan anggaran.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO