Puting Beliung Rusak 45 Rumah di Kediri

Puting Beliung Rusak 45 Rumah di Kediri Warga tampak melakukan pembenahan atap rumah mereka setelah diterjang angin putting beliung. (arif Kurniawan/BangsaOnline)

KEDIRI (BangsaOnline) - Angin melanda sebuah dusun di Lereng Gunung Wilis, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Meskipun tidak ada korban jiwa, namun bencana alam ini merusak puluhan rumah warga

Menurut data Tim Tanggap Bencana Alam (Tanaga) Kabupaten Kediri, jumlah bangunan yang rusak akibat puting beling sebanyak 45 unit. Rumah tersebut beradal Dusun Sambiroto, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Beberapa rumah yang rusak tersebut adalah milik Misni, Kasiani, Mulyono, Ansor, Syukur dan Samidi.

Menurut Samidi, warga setempat yang rumahnya rusak, sebelum musibah terjadi, sempat turun hujan deras disertai butiran es di wilayah tersebut. Selanjutnya, angin berputar dan bersuara gemuruh bergerak dari arah tenggara ke barat menyapu permukiman warga serta barang-barang yang dilalui.

“Sebelumnya turun hujan es. Tidak lama setelah itu, ada angin yang berputar, suaranya keras sekali. Angin berputar itu merusak rumah-rumah warga. Kebanyakan atap rumah dari genting rontok, dan esbesnya hancur,” ujar Samidi ditemui di rumahnya, Jumat (6/2)

Aparat gabungan dari Kepolisian, TNI dan Tagana setempat membantu warga memperbaiki rumah-rumah mereka yang rusak. Berdasarkan data Tagana, kerusakan rumah akibat dalam kategori ringan hingga sedang. Kebanyakan rumah rusak pada bagian atap.

Perangkat desa setempat telah melaporkan terjadinya musibah angin ke Pemerintah Kabupaten Kediri. Pihak desa bersama petugas gabungan masih melakukan pendata kerugian materi akibat bencana tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO