Perluas Tracing, Pemkot Madiun Perbanyak Swab Test

Perluas Tracing, Pemkot Madiun Perbanyak Swab Test Kepala Dinkes PPKB Kota Madiun, Dr. Denik Wuryani.

KOTA MADIUN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun terus memperluas tracing untuk mendeteksi penyebaran Covid-19. Caranya, dengan memperbanyak swab test.

Jika sebelumnya swab test hanya dilakukan kepada keluarga terdekat pasien Covid-19, maka mulai minggu ini diperluas kepada orang yang pernah berhubungan dengan pasien. Hal ini disampaikan Wali Kota Madiun, Maidi, setelah memimpin apel gelar pasukan dalam rangka operasi penegakan displin protokol kesehatan, Senin (1/2) kemarin.

"Pada masa PPKM ke-2 ini kita akan melakukan tracing kepada orang yang pernah berhubungan dengan penderita. Dan besok Selasa (hari ini, red) kita akan melaksanakan swab sebanyak 300 orang," tegas Maidi.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) Kota Madiun Dr. Denik Wuryani mengatakan siap melaksanakan instruksi Wali Kota Madiun.

"Kita telah menyediakan tenaga yang lebih untuk pelaksanaan swab hari ini, sehingga proses pelaksanaan bisa berjalan lancar. Dan kita akan selalu siap siaga untuk melayani warga Kota Madiun dalam mengatasi pandemi ini," ujar Denik saat ditemui wartawan di kantornya, Selasa (2/2).

Dengan memperbanyak swab test Denik berharap kasus Covid-19 bisa segera terdeteksi, sehingga pasien segera bisa ditangani. "Maka harapannya tidak menimbulkan penderita yang baru lagi. Mereka telah menyadari bahwa pernah berinteraksi dengan penderita, sehingga di saat di-rapid dan dinyatakan reaktif, maka saat ada pemberitahuan untuk di-swab mereka dengan sukarela datang ke tempat swab," tukas Denik. (mdn1/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Melanggar PPKM Darurat, Warung/Resto di Kota Madiun Bisa Ditutup Selama 3 Hari':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO