Jamin Kebutuhan Daging di Jember, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Gencarkan Inseminasi Buatan

Jamin Kebutuhan Daging di Jember, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Gencarkan Inseminasi Buatan Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Jember drh. Andi Prastowo.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Jember melalui program "Sikomandan" menargetkan pelaksanaan kawin suntik atau dikenal dengan istilah (IB) tahun 2021 sebanyak 110.100 akseptor. Sedangkan Pemeriksaan Kebuntingan (PKB) hewan ternak sapi di Jember ditargetkan sebanyak 77.070 akseptor.

Hal itu dalam rangka mempercepat pencapaian peningkatan produksi daging sapi di Jember guna memenuhi permintaan konsumsi masyarakat, serta mengurangi ketergantungan impor terhadap daging dan ternak.

Untuk mencapai itu, Dinas Ketahanan dan Peternakan Kabupaten Jember melakukan upaya pengecekan secara periodik terhadap hewan ternak milik warga.

Menurut drh Elok Kristanti, Plt Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, langkah yang dilakukan DKPP ini untuk menjaga kualitas hasil produksi ternak sapi, serta menjaga agar kebutuhan pangan berupa daging tetap terpenuhi.

"Program itu untuk percepatan produksi sapi, baik itu inseminasi atau pemeriksaan kebuntingan dan pelaporan kelahiran," terang Elok.

"Seperti kemarin yang kita lakukan adalah kegiatan PKB tim kotatif di Desa Karang Kedawung, Kecamatan Mumbulsari dilakukan pemeriksaan kebuntingan, pembagian premiks untuk ternak yang bunting. Untuk pelaporan kelahiran saat ini mencapai 70.250 akseptor," beber Elok saat melaksanakan kegiatan kegiatan PKB di desa tersebut, Kamis (24/6/2021) lalu.

Ia menjelaskan, inseminasi adalah proses memasukkan spermatozoa ke dalam saluran reproduksi sapi betina dengan tujuan agar menjadi bunting tanpa adanya proses perkawinan alami.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO