Kandidat DPP Tak Diminati, Konfercab DPC PDI-P Jember Dead Lock

JEMBER (BangsaOnline) - Pelaksanaan Konferensi Cabang (Konfercab) DPC PDI-Perjuangan Kabupaten Jember, berakhir deadlock. Kondisi ini terjadi, disebabkan tiga kandidat Ketua DPC yang ditawarkan DPP PDI-P, disebutkan tidak sesuai dengan keinginan forum. Akibatnya, forum mengembalikan proses pemilihan Ketua DPC kepada DPP PDI-P.

Wakil Ketua DPC PDI-P Kabupaten Jember Demisioner, Lukman Winanrno, saat dihubungi melalui telepon seluler, kepada BangsaOnline.com, menjelaskan, DPP PDI-P telah mengerucutkan 10 nama Kandidat Ketua DPC yang diusulkan forum, menjadi 3 nama. Ke tiganya, adalah Tabroni, Bambang Wahyu dan Ni Nyoman Martini.

Resistensi muncul, saat keputusan DPP tadi disampaikan kepada Forum Konfercab. Sejumlah PAC menolak ketiga-tiganya menjadi kandidat Ketua DPC PDI-P Jember. Alhasil, Konfercab berakhir deadlock dan dinyatakan gagal, tanpa menghasilkan Ketua DPC yang baru.

Lukman melanjutkan, memang sesuai dengan mekanisme yang ada, jika Konfercab dinyatakan gagal, maka penentuan Ketua DPC akan diambil-alih oleh DPP. Namun alangkah baiknya, jika DPP mendengarkan aspirasi dari bawah, yang menyatakan ketiga kandidat tadi ditolak oleh forum. Sehingga, Lukman menandaskan, DPP bisa bertindak lebih bijak dalam mengambil keputusan.

Sebelumnya, mekanisme pemilihan Ketua DPC PDI-P di seluruh Indonesia, memang berbeda dengan 5 tahun yang lalu.

Disebutkan, dalam ajang pemilihan yang dikemas dalam kegiatan Konfercab itu, peran DPP dalam menentukan Ketua DPC sangat mendominasi. Yakni, DPP berwenang untuk menentukan 3 besar kandidat Ketua DPC, yang kemudian diusulkan kepada forum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO