Hari Palang Merah Internasional 2024, Khofifah Ajak Rutin Donor Darah

Hari Palang Merah Internasional 2024, Khofifah Ajak Rutin Donor Darah

SURABAYA, BANGSAONLINE.com Indar Parawansa mendorong masyarakat untuk rutin melakukan donor darah melalui . Menurut dia, donor darah adalah upaya untuk amal jariyah untuk menyelamatkan nyawa orang lain.

Hal tersebut secara khusus ia sampaikan bertepatan dengan peringatan Hari Palang Merah Internasional 2024, Rabu (8/5/2024). “Sama halnya dengan tema Hari Palang Merah Internasional bahwa I give with joy, and the joy I give is a reward. Ketika kita melakukan donor darah dengan sukacita, maka sukacita yang saya berikan adalah suatu ganjaran,” kata .

“Setetes darah dari kita bisa sangat berarti untuk orang lain yang membutuhkan. Dan ganjarannya bukan hanya pahala tapi juga ada kebahagiaan yang kita dapatkan,” imbuhnya.

Dikatakan bahwa kondisi stok darah di darah harus selalu terjaga. Selama bulan Ramadhan, biasanya masyarakat cenderung turun menunda untuk melakukan donor darah. Namun setelah ramadhan sudah selesai, mengajak masyarakat untuk kembali rutin berdonor darah.

“Donor darah adalah sebuah langkah yang murni dan manusiawi untuk menebarkan kebaikan kepada sesama tanpa membedakan agama, ras, warna kulit dan golongan. Dengan berdonor darah tidak hanya menyelamatkan orang lain tetapi juga menyehatkan diri sendiri,” tuturnya.

Donor darah memiliki sejumlah manfaat. Pertama yaitu menyehatkan jantung, meningkatkan produksi sel darah, menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, memaksimalkan kapasitas organ paru-paru.

Selain itu juga meningkatkan kinerja organ ginjal dalam membuang limbah, meningkatkan kesehatan psikologis atau mental, membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh dan meningkatkan volume darah dalam paru-paru.

Lebih lanjut, menegaskan bahwa rata-rata dalam setahun produksi darah yang didapat dari kumulatif pendonor darah di Jatim mencapai 760.000 kantong. Jumlah ini cukup untuk memenuhi rata-rata kebutuhan darah dalam setahun sebesar 680.000 kantong.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO